Sukses

Kutukan Mobil Balap Porsche Milik Sang Legenda Hollywood

Liputan6.com, Jakarta - Cerita mistis yang dianggap seram tak hanya terjadi di rumah kosong, rumah sakit, sekolah atau kuburan, sebab di dunia otomotif pun ada kisah kutukan yang membuat pengemudi tewas.

Selain cerita mobil Graf & Stift Double Phaeton yang menjadi saksi penembakan putra mahkota Austria-Hungaria Archduke Franz Ferdinand dan istrinya Sophie, mobil misterius juga muncul di tahun 1955, yaitu Porsche 550 Spyder.

Cerita ini bermula dari bintang Hollywood yang tengah naik daun bernama James Dean. Sukses di dunia hiburan, dia membeli mobil asal Jerman, Porsche 550 Spyder.

Sama seperti para bintang masa kini, membeli mobil sport merupakan dambaan dan melambangkan ciri kesuksesan. Porsche 550 Spyder merupakan salah satu mobil sport yang cukup diperhitungkan di era-nya.

Bayangkan saja jenis mobil yang dirakit di Stuttgart, Jerman antara 1953-1955 itu telah dibenamkan mesin 4 silinder, berkapasitas 1.498 cc, yang mampu menyemburkan tenaga 108 Tenaga kuda.

Jenis mobil yang dimiliki James Dean ini edisi terbatas. Miliknya merupakan unit ke 130, (VIN 550-0055).

Adapun mobil Porsche 550 Spyder yang dijuluki ‘Little Bastard’ itu diberikan rekan James Dean yaitu Bill Hickman bukan untuk mobilnya, melainkan ulah dari rekannya itu sendiri.

Selain itu, pemberian nama Little Bastard yang terpasang pada bodi mobil itu juga disebutkan karena adanya kekesalan bos Warner Bros saat James Dean beradu acting sebuah trailer East of Eden.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Next

Kecelakaan Maut

Pagi itu, Jumat 30 September 1955, James Dean terbangun dan minum secangkir kopi. Dia telah menyelesaikan pengambilan gambar film 'Giant' dan bersiap membawa mobil barunya, Porsche 550 Spyder untuk hadir dalam acara balapan Salinas Road Race.

Namun sayang, aktor berusia 24 tahun itu tak sampai adu nyali di lintasan balap. Ia meninggal dunia pada pukul 17.45 di Cholame, California, karena menabrak sedan Ford Tudor di sebuah persimpangan yang dikendarai Donald Turnupseed.

Akibat kecelakaan tersebut, Turnupseed, mahasiswa California Polytechnic State University, mengalami shock, meski tidak cedera parah.

Film-film James Dean yang dirilis ke publik, mulai dari East of Eden, lalu Rebel Without a Cause dan Giant ditayangkan setelah kematiannya.

Kecelakaan tragis yang dialami James Dean menjadikan sosoknya seorang legenda.

3 dari 3 halaman

Next

Awal Kutukan

Disebutkan, pasca kecelakaan maut, Porsche 550 Spyder milik James Dean raib, tidak meninggalkan jejak sama sekali.

Namun, seperti dikutip dari History.com, rumor menyebutkan, mobil berjuluk ‘Little Bastard’ tersebut terkutuk.

Salah satu kabar yang berkembang adalah setelah kecelakaan maut tersebut, mobil itu dibongkar oleh George Barris. Namun saat dibongkar, tiba-tiba mesin tersebut jatuh menimpa salah satu mekanik sehingga kedua kakinya patah.

Berbagai versi menyebutkan, mobil ini sempat diperbaiki dan dikendarai Dokter McHenry memakai mesin Spyder dan tewas karena mobilnya menabrak pohon. 

Kabarnya, karena sang pemilik telah tiada, dalam keadaan ringsek, Porsche 550 Spyder dijual ke dealer mobil dan spare part-nya pun dipreteli untuk dipasangkan ke mobil lain.

Nah, peristiwa mengerikan pun terjadi. Disebutkan, sebuah mobil telah menggunakan mesin, transmisi dan ban bekas dari Porsche 550 Spyder mengalami nasib tragis.

Ya, mobil yang menggunakan suku cadang itu terlibat dalam kecelakaan dan memakan korban.

Cerita lainnya muncul, di mana sebuah truk yang membawa sasis dari Porsche 550 Spyder tergelincir di jalan tol dan sang sopir truk dinyatakan tewas.

Sementara bagian-bagian mobil lainnya tidak diketahui keberadaannnya.

Agar tidak memakan lebih banyak korban, mobil dipinjamkan kepada California Highway Patrol digunakan sebagai peringatan keamanan pada pengendara. Anehnya, beberapa hari kemudian garasi tempat menyimpan mobil tersebut terbakar habis.

Belum sampai di situ, kala pameran di Sacramento, mobil itu jatuh dan menimpa seorang anak muda hingga terluka parah. Sejak berbagai peristiwa kecelakaan ini mobil tersebut hilang secara misterius. 

Loading