Sukses

Mau Mudik Pakai Sepeda Motor? Coba Periksa Ulang Bagian ini

Sebelum mudik pakai sepeda motor, cek kondisi oli mesin, ban, pelek, rem, lampu-lampu. Pastikan itu semua berfungsi dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta- Bagi Anda yang ingin tetap mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor, ada baiknya memeriksa ulang bagian tertentu ke bengkel resmi atau bengkel umum terdekat.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, jika ingin mudik menggunakan sepeda motor utamakan pengecekan dilakukan pada bagian-bagian yang memenuhi unsur safety.

“Seperti cek kondisi oli mesin, ban, pelek, rem, lampu-lampu. Pastikan itu semua berfungsi dengan baik,” ungkap Herman saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (12/6/2017).

Untuk pengecekan oli mesin dan bagian rem, meski terlihat mudah namun bagi Anda yang tak paham tak perlu memaksakan diri. Ada baiknya, mekanik bengkel yang melakukannya.

Jika tak mau melakukan pergantian karena kurang biaya, kata Herman, ada baiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi di bengkel resmi.

Herman juga menyatakan, jika pengereman pada sepeda motor Anda menggunakan Anti Lock Braking System, maka tak perlu khawatir. Sebab, pengecekan rem ABS sama seperti rem pada umumnya.

“Bisa dicek kondisi fisik rem, termasuk ketebalan kampas rem, dan jarak main bebas remnya,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.