Sukses

Pembuatan Skuter Listrik Viar Q1 Libatkan Mahasiswa UGM

Viar Motor Indonesia bekerja sama dengan UGM sejak 2016 untuk pengembangan dan riset skuter listrik Viar Q1.

Liputan6.com, Jakarta - Skuter listrik Viar Q1, diklaim menjadi pelopor kehadiran jenis kendaraan roda dua berdaya listrik yang telah dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Motor ini pun sudah bisa dipesan dengan banderol relatif murah yaitu, Rp 16,2 juta on the road Jadetabek.

Menurut Corporate Manager PT Triiangle Motrindo (MT), Deden Gunawan, untuk membuat Viar Q1, perusahaan berkolaborasi dengan penyedia teknologi dan layanan global, Bosch.

Selain itu, kata Deden, dalam pengembangan dan riset Viar Q1, perusahaannya bekerja sama dengan Univestias Gajah Mada yang dilakukan sejak 2016.

“Ini sebagai upaya berkelanjutan guna meningkatkan kandungan lokal dalam sepeda motor listrik ini dan juga alih teknologi,” ungkap Deden saat acara Media Gathering Viar Electric Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin (15/5/2017).

Lebih lanjut Deden menyatakan, untuk mengembangkan skuter listrik ini dibutuhkan waktu hingga dua tahun. Pengembangan ini pun dibuat agar mengetahui hal apa saja yang bisa dikembangkan di dalam negeri.

“Terus kami tidak terkait sampai di sini, banyak sekali teknologi, jadi canggih sekali lah, jadi ada fitur-fitur yang oke,” ucap Deden tanpa mau menjabarkan secara detail.

Sedangkan Viar Q1 sendiri merupakan hasil kolaborasi antara PT TM dengan Bosch, dimana perusahaan asal Jerman tersebut telah dikenal sebagai pembuat komponen motor listrik sejak 1999.

Di kawasan ASEAN, Bosch dikenal telah menjadi pemasok teknologi penggerak seperti e-Scooter driving system.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Jantung Pacu Viar Q1

Di atas kertas, skuter listrik Viar Q1 mengusung sumber daya dari baterai tipe Lithium-Ion berkapasitas 60V 20 Ah yang menghasilkan daya sebesar 800 Watt.

Dengan baterai ini, konsumen dapat mengisi hingga penuh hanya dalam waktu kurang lebih lima jam.

Skuter listrik ini diklaim mampu melaju hingga jarak 90 km. Sementara kecepatan maksimalnya, saat pengujian di Semarang, Viar dapat mencapai 60 km/jam.

Selain ramah lingkungan karena tidak menghasilakn polusi, skuter listrik Viar Q1 ini juga minim ongkos perawatan, karena tidak membutuhkan perawatan berkala seperti pergantian oli, busi, atau rantai.

Setiap pembelian skuter listrik Viar Q1, konsumen juga mendapatkan alat untuk mengisi daya yang dapat langsung dicolok ke stop kontak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini