Sukses

Banyak Pesaing, Toyota Siapkan Strategi Khsusus untuk Fortuner?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di segmen sport utility vehicle (SUV) Tanah Air, bakal kembali memanas. Pasalnya, dua pabrikan besar Jepang, Honda dan Mitsubishi resmi meluncurkan dua SUV barunya, yaitu CR-V 1.5 Turbo tujuh penumpang dan Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate rakitan lokal.

Dijelaskan Marketing Planning Division Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, dengan semakin banyaknya model SUV yang hadir, maka market akan semakin bervariasi.

"Kompetisinya akan semakin ketat, dan masing-masing produsen akan mengeluarkan strateginya masing-masing. Jadi, dengan Honda CR-V 1.5 Turbo, Pajero Sport baru, dan Fortuner akan keluarkan strategi," jelas pria yang akrab disapa Soerjo saat berbincang dengan wartawan di booth Toyota IIMS 2017, Kamis (4/5).

Strategi untuk menghadapi dua kompetitornya tersebut memang dirasa perlu, meskipun saat ini, model dari raksasa asal Jepang tersebut masih memimpin penjualan di segmen SUV hingga Maret 2017, dengan penjualan 5.019 unit.

"Kita siapkan saja dulu (Pesaing Honda CR-V 1.5L Turbo dan Mitsubishi Pajero Sport lokal). Kemudian, paling penting konsumen memiliki variasi produk lebih banyak. Dengan uang sekitar Rp 500 juta, bisa bebas menentukan Honda CR-V, Toyota Fortuner, atau sedan," tambahnya.

Selain itu, dengan banyaknya hadir model baru akan memacu pihak produk development dari masing-masing produsen untuk terus mengeluarkan model baru. "Kalau kita, Fortuner bagus yang diesel, dengan komposisi 70:30 (70 persen diesel dan 30 persen bensin)," pungkas pria ramah ini.