Sukses

Seberapa Hebat Motor Adventure Honda CRF1000L Africa Twin?

CRF1000L Africa Twin menjadi model yang telah berinovasi yuntuk petualangan sesungguhnya di on dan off road, saat menyeberangi benua

Liputan6.com, Jakarta - Motor adventure tourer terbaru dari Honda, yaitu CRF1000L Africa Twin akhirnya mendarat di Indonesia. Motor yang memiliki DNA dari Rally Dakar ini memiliki dua pilihan warna yakni Victory Red dan Tricolor, serta hadir dengan tipe Manual ABS serta tipe DCT ABS.

Menurut President Director AHM, Toshiyuki Inuma, Africa Twin sebagai model motor adventure yang melegenda.

"All new CRF1000L Africa Twin menjadi model yang telah berinovasi yang dihadirkan untuk petualangan sesungguhnya di on dan off-road, saat menyeberangi benua maupun berkendara di perkotaan,” jelas Inuma usai peluncurannya di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/2).

Lantas seberapa hebat Honda CRF1000L Africa Twin?

CRF1000L Africa Twin tipe standar memiliki dimensi panjang 2.335 mm, lebar 875 mm, dan tinggi 1.475 mm, Sedangkan untuk tipe DCT ABS lebarnya 930 mm. Kedua motor ini memiliki wheelbase 1.575 mm dan ground clearance 250 mm.

Motor ini diklaim merupakan motor adventure tourer yang telah dilengkapi mesin bertenaga dan sasis dinamis.

CRF1000L Africa Twin juga disebut motor yang memiliki fungsi, serta pengendalian di jalan aspal dan tanah seperti model XRV750 Africa Twin.

Untuk sasis CRF1000L Africa Twin terdapat tiga kunci utama dari model awal XRV750, yakni performa off-road, kenyamanan turing, dan kelincahan saat berkendara harian.

CRF1000L Africa Twin telah menggunakan besi baja frame semi-double cradle. Dengan begitu motor ini memiliki keseimbangan saat melakukan perjalanan jauh dan penuh beban. Namun demikian, hal itu tidak meninggalkan performa off-road, menurunkan kelincahan, maupun kekuatan. 

Penggunaan suspensi Showa juga cukup mumpuni. Hal ini tak lain berkat penyesuaian penuh dan dipasang radial dual kaliper Nissin empat piston kaliper dan 310 mm wave floating disc brake. Pada bagian belakang, suspensi Showa menyediakan spring preload yang dapat diatur.

Bagian kaki-kaki, CRF1000L Africa Twin menggunakan ukuran 21 inci yang dibalut ban 90/90-21, sedangkan belakang dipasangkan 18 inci dengan ban 150/70-18.

Mengusung tema desain unlimited adventure, motor ini memiliki gaya desain bodywork kuat dan minim, bobot yang ringan, sehingga memberikan perlindungan untuk pengendara diberbagai kondisi cuaca.

Dengan tangki bahan bakar yang dapat menampung 18,8 liter, motor ini mampu menghabiskan hingga 21.8km/liter (WMTC dengan mode DCT) sehingga dapat melakukan penjelajahan jauh hingga 400 km. Motor ini juga ini telah disematkan dual LED Headlights.

Sistem elektrik telah mengadopsi Honda Selectable Torque Control (HSTC), yang menawarkan tiga tahap kontrol, dan memungkinkan bagi pengendara untuk menonaktifkan sistem ABS roda belakang.

Adapun beberapa instrument yang ada pada motor ini antara lain, Rally Style Negative LCD yang menampilkan speedometer, tachometer, fuel, gear position, ABS, HSTC, odemeter, trip dan clock.

Untuk jantung pacu, CRF1000L Africa Twin telah mengusung mesin liquid-cooled SOHC, 4-Stroke, 4 valve, parallel Twin, dengan kapasitas 998cc serta bore 92 mm dan stroke 75,1 mm.

Alhasil, tenaga yang dihasilkan dari mesin ini yaitu 93,8 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 98 Nm pada 6.000 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini