Sukses

Musim Spion Lipat Otomatis, Berapa Biayanya?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mobil murah, atau kerennya disapa Low Cost Green Car (LCGC)‎, sudah pasti fiturnya biasa-biasa saja. Misal tak ada fitur kaca spion lipat otomatis.

Namun ternyata permintaan untuk fitur-fitur itu mulai terlihat. Maklum jalan sempit membuat kita akan sering melipat kaca spion. Enaknya kalau tinggal tekan tombol, spion terlipat.

Tak heran pula bisa sekarang banyak toko aksesoris mobil yang menjual spion otomatis. Salah satunya adalah bengkel aksesoris dan part Mega Saranan Motor yang berlokasi di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta.

Menurut pemilik bengkel aksesoris dan part tersebut, Ikhsan Chan, pemasangan kaca spion lipat o‎tomatis harganya beragam, tergantung jenis dan merek mobil.

"Nantinya kaca spion akan ditambah motor dan‎ saklar diganti. Selain itu jalur kabel ditambah menjadi dua. Jadi sekali pencet, spion bisa buka dan menutup otomatis," ujar Ikhsan saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya, Selasa, (31/1/2017).

Soal harga, untuk mobil jenis LCGC seperti Agya, Ayla, Calya, Sigra atau Da‎tsun, dipatok dengan besaran Rp 1,5 juta.

Sedangkan untuk mobil jenis Avanza dan Xenia, disebutkan lebih murah yaitu hanya Rp 1,1 juta. Hal ini, kata Ikhsan karena baik motor dan saklar telah banyak beredar serta dijual.

"Kalau mobil-mobil besar atau mewah seperti merek Land Cruiser, atau BMW, Mercedes-Benz harga yang dibanderol bisa mencapai Rp 1,8-3,5 jutaan," ujarnya.