Sukses

Sienta Dominasi Jalur Produksi Pabrik 2 Toyota

Karawang Plant 2 TMMIN memproduksi empat model, yakni Toyota Vios dan Limo, Yaris, Sienta serta Etios Valco.

Liputan6.com, Karawang - Karawang Plant 2 merupakan fasilitas perakitan milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang memproduksi empat model, yakni Toyota Vios dan Limo, Yaris, Sienta serta Etios Valco.

Disebutkan, sejak Januari hingga November 2016 jumlah mobil yang telah diproduksi mencapai 63.100 unit. Jika digabung dengan Plant 1 yang memproduksi Kijang Innova dan Fortuner jumlahnya mencapai 201.000 ribu unit.

Beberapa model dari mobil-mobil tersebut tidak hanya untuk memenuhi permintaan domestik tapi juga mancanegara.

"Komposisi domestik dengan ekspor jumlahnya beda tipis. 50 banding 50 tapi domestiknya lebih besar sedikit," papar Nandi Julyanto Director of Production Engineering and Karawang Plant TMMIN saat ditemui di Karawang Plant 2, Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12).

Disebutkan, sepanjang November 2016 Karawang Plant 2 telah memproduksi sekira 6.500 mobil. Sienta menjadi model paling banyak diproduksi, disusul Vios dan Yaris. Sementara Etios Valco menjadi model produksi paling sedikit.

"Etios Valco per harinya 10 unit. Dulu pernah produksi tertingginya sampai 80 unit," tutup Nandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.