Sukses

Cara Memperlakukan Baut Motor Tua

Selain antik dan menarik, memelihara motor tua punya tantangan tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Selain antik dan menarik, memelihara motor tua punya tantangan tersendiri. Motor tua bukan hanya penampilannya saja yang jadul, tapi juga menggunakan mesin dengan teknologi usang.

Ini tentu menjadi sebuah tantangan saat akan membongkar atau melakukan modifikasi. Kondisinya yang sudah tidak lagi muda membuat baut rentan 'slek'. Oleh karena itu, jika Anda berniat membongkarnya sendiri harus ekstra hati-hati.

Sebagaimana dilansir thecraftsmanblog, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat melakukan pembongkaran motor lawas. Berikut uraiannya:

1. Perhatikan kondisi baut mesin yang ingin dibongkar. Mesin motor yang sudah tua membuat baut mudah sekali aus, atau bahkan keropos. Memperhatikan kekuatan dan kondisi baut sebaiknya dilakukan sebelum mencoba membongkar baut dengan alat. Bila baut dipastikan dalam kondisi yang kuat, baru coba untuk melepaskannya dengan kunci pas yang sesuai

2. Bila baut kondisinya kuat namun berkarat, maka melepaskan baut akan jauh lebih sulit. Jangan dipaksa. Hilangkan karat terlebih dahulu menggunakan cairan penghilang karat seperti WD-40 atau jenis yang lain yang tersedia di pasaran. Setelah karat hilang baru kemudian coba sekali lagi secara perlahan.

3. Apabila baut sudah aus dan mudah patah. Bila begini, maka cara paling mudah adalah dengan menempelkan baut lain yang masih baru dan kuat di atas baut tua, baru melepaskannya secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.