Sukses

Tutup Tangki Motor Macet? Ini Solusinya

Tutup tangki adalah komponen sepeda motor yang dibuat menggunakan material yang dapat berkarat.

Liputan6.com, Depok - Tutup tangki adalah komponen sepeda motor yang dibuat menggunakan material yang dapat berkarat. Apalagi jika bagian ini kerap terkena air hujan dan tidak dibersihkan.

Saat tutup tangki berkarat, maka bagian ini akan sulit diputar dengan kunci. Tentu akan merepotkan, misalnya jika sedang mengisi bensin dan ada antrian panjang.

Bahkan, pada 2015 lalu seorang pengguna Yamaha New Vixion bernama Aldi Munawar menceritakan di akun Facebook-nya bahwa tutup tangki berkarat bahkan membuat kunci kontak patah. "Kunci kontak patah akibat tutup tangki susah dibuka," keluhnya.

Lantas, bagaimana untuk mengantisipasi hal ini? Ternyata tak begitu sulit, hanya perlu waktu singkat, biaya yang rendah, dan siapapun bisa mengerjakannya.

Mahdin, Ibana Jaya Oil, bengkel motor yang ada di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa yang dibutuhkan hanyalah cairan bernama WD-40, singkatan dari Water Displacement, 40 attempt. Sederhananya, WD-40 adalah cairan anti karat.

"Kalau tutup tangki berkarat, caranya gampang. Tinggal semprotkan cairan WD-40 di lubang tangki. Diamkan saja nanti setelah itu macetnya hilang," terang Mahdin, kepada Liputan6.com.

Jika tidak ada WD-40, maka bisa pula menggunakan chain lube yang juga bisa melakukan hal yang sama. "Bisa pakai chain lube juga, tapi lebih baik cairan WD-40, karena memang sesuai peruntukannya," tambahnya.

"Itu memang bisa, saya pernah coba pakai chain lube dan langsung lancar," terang Rizal, pengguna motor Pulsar yang pernah mencoba cara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini