Sukses

Membandingkan Pasar Motor 250 Cc di Indonesia dan Jepang

Konsumen motor seperempat liter di Jepang terus mengerucut.

Liputan6.com, Karawang - Segmen motor bermesin 250 cc di Indonesia semakin populer, tiap merek punya jagoan untuk bermain di kelas tersebut. Dari sisi karakter, konsumen motor 250 cc di Indonesia serupa dengan Jepang.

Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor menjelaskan, motor seperempat liter paling diminati baik di Indonesia maupun Jepang karena menjadi batasan terbawah. Setelahnya, ada jeda yang cukup besar dengan kapasitas motor di atasnya.

"Bisa dilihat bahwa yang bisa mendukung motor sport 250 cc di dunia saat ini ada di Indonesia dan Jepang. Fakta di Indonesia sendiri 250 cc paling diminati konsumen di mana ada jeda cukup besar dengan cc di atasnya, itu adalah batasan," tutur Inuma, Kamis (3/11).

Kesamaan yang paling terlihat antara konsumen motor 250 cc di Indonesia dan Jepang yakni pada anggaran perawatan. Inuma berujar, motor di atas 250 cc di dua negara ini butuh biaya perawatan yang sangat besar.

Perbedaan yang menonjol di antara dua negara Asia ini jelas pada sisi pasar. Konsumen negara maju seperti Jepang tentunya sudah mapan dan tidak mengalami perkembangan market signifikan untuk membeli motor 250 cc, berbeda dengan Indonesia yang masih bisa meningkat.

"Untuk saat ini penjualan CBR250RR cukup banyak, akan tetapi untuk di pasar Jepang sendiri mengerucut untuk 250 cc. Di Indonesia ada potensi melebihi pasar Jepang untuk saat ini," jelas Inuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini