Sukses

Pakai Ban Khusus, Rekor Dunia Kecepatan Mobil Miring Pecah

Wheelie ini bertumpu pada ban anti peluru yang diklaim lebih kokoh dari ban konvensional.

Liputan6.com, Helsinki - Atraksi menggunakan mobil yang paling populer yaitu wheelie menggunakan dua roda. Aksi ini memaksa mobil berjalan miring dengan bertumpu pada sepasang roda.

Wheelie seperti ini butuh ketangkasan ahli karena menuntut keseimbangan mobil selama berjalan agar tidak terguling. Stunt driver bernama Vesa Kivimaki berhasil mencatatkan namanya dalam buku rekor dunia Guiness karena berhasil wheelie miring pada kecepatan 186,269 km/jam memacu BMW Seri 3.

Rahasia Kivimaki melaju dengan cepat ternyata karena memakai ban khusus. Ia sengaja memakai ban antipeluru karena daya tahannya yang sangat kuat, demikian dikutip Motor1.

Ban memang jadi hambatan utama pria asal Finlandia dalam usaha memecahkan rekor wheelie. Dengan kondisi salah satu sisi mobil miring ke atas, terdapat kontak antara dinding ban dengan aspal yang membuat ban sulit mencengkram dalam waktu lama.

"Saya telah melakukan upaya-upaya sebelumnya memecahkan rekor mobil tercepat menggunakan dua roda tapi belum berhasil. Pada beberapa poin, saya menyadari bahwa kunci untuk memecahkan rekor adalah memiliki ban yang sangat tahan lama," kata Kivimaki.

Ia kemudian mempercayakan ban kepada Nokian, perusahaan asal Finlandia ini menggunakan serat sintetis aramid yang sangat kuat dan tahan panas. Material ini juga digunakan dalam komposit balistik pengganti asbestos yang ideal dengan kebutuhan Kivimaki saat memecahkan rekor wheelie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.