Sukses

Ragam Modifikasi ala Pabrikan di Panggung GIIAS, Keren Mana?

Ubahan ala pabrikan ada yang sekedar minimalis pada permainan corak hingga bergaya sedikit radikal.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Bagi sebagian orang, penampilan mobil yang standar pabrik kerap dipandang membosankan dan pasaran. Mereka kemudian ingin agar mobilnya tampil beda dengan gaya khas pemiliknya.

Pemilik mobil ada yang merombak tampilan mobil secara ekstrim, namun ada juga yang bersolek minimalis. Untuk pemakaian harian, ubahan pada mobil lebih condong ke arah dress up.

Pihak agen pemegang merek tidak tinggal diam melihat aspirasi arus bawah ini. APM bahkan mengadakan kontes modifikasi atau memamerkan karya dress up garapan tim riset internal mereka.

Hasilnya, sebuah mobil bisa tetap gaya dan tampil beda namun tidak menghilangkan fungsi utamanya sebagai kendaraan harian. Berikut ini contoh modifikasi ala pabrikan yang mejeng di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016:

Datsun

Merek naungan Nissan ini membuka kontes modifikasi bertajuk Datsun Xplore Your Style di GIIAS 2016. Datsun Indonesia juga ikut menampilkan salah satu karya modifikasi buatan anak bangsa.

Musa Tjahjono, desainer Indonesia yang bekerja di West Coast Custom, bengkel modifikasi terkenal di Amerika Serikat menciptakan desain blueprint untuk mobil Icon Datsun Xplore Your Style yang dipajang di GIIAS 2016. Blueprint tersebut digarap oleh Signal Kustom, bengkel modifikasi terkemuka yang berbasis di Bandung.

Ubahan juga tidak terlalu ekstrim, dengan fokus pada permainan warna di corak bodi maupun interior serta upgrade kaki-kaki melalui penggantian velg. Perangkat hiburan turut ditingkatkan pada sistem audio dengan tambahan speaker dan subwoofer.

Toyota

Foto: Yongki Sanjaya/Liputan6.com

Dari penyelenggaraan GIIAS pertama kalinya tahun lalu PT Toyota Astra Motor selalu menampilkan ragam dress up baik skala ringan maupun menengah. Pada GIIAS tahun ini, TAM menampilkan Veloz Tigre sebagai bintang utama dress up.

Ubahan pada MPV bermesin 1,3 liter itu mengadopsi tema tough and advance, dengan inspirasi dari wajah garang harimau dipadukan aura atletis.

Tim Planning and Desain Department TAM menggarap Tigre dengan ground clearance yang lebih tinggi, serta tambahan skid plate. Velg pun ukurannya naik satu step menjadi 16 inci sehingga penampilannya seperti semi SUV.

Suzuki

Suzuki Carry Futura

Booth Suzuki kali ini menampilkan sosok 'monster' pekerja. Dialah Carry Futura dengan modifikasi ala mobil off-road.

Baik bodi hingga ke bak tidak mengalami ubahan apapun dengan warna putih polos. Rombakan ekstrim terdapat pada bemper dan kaki-kaki.

Bemper tebal ini tertanam peranti winch serta skid plate, lengkap dengan shackle. Pipa snorkel menjulur di sisi kanan depan hingga ke atas, menjaga pasokan udara ketika mobil harus berkubang.

Daihatsu

Foto: Yongki Sanjaya/Liputan6.com

Pabrikan yang masih satu grup dengan Toyota ini tampil simple dalam versi dress up. Dua model jagoan Daihatsu yakni Xenia dan Ayla tampil lebih berkelas melalui versi kustom.

Ubahan pada dua model ini berfokus pada corak bodi serta velg alloy di bagian eksterior. Sementara itu, interior menampilkan aksen hitam serta jok yang berlapis kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.