Sukses

Lajur Khusus Sepeda Motor di Jalan Tol

Pemotor mengeluhkan pembatasan jalur untuk roda dua.

Liputan6.com, California - Dewan negara bagian California mengesahkan aturan baru dalam lalu lintas bagi kendaraan roda dua, khususnya di jalan bebas hambatan. Pemotor nantinya akan melalui jalur tersendiri yang terpisah dari mobil.

Tahun lalu California Highway Patrol telah menerbitkan semacam panduan berkendara yang memisahkan jalur untuk motor. Namun demikian, banyak warga yang mengeluh dan pelaksanaan di jalan belum bisa menyeluruh.

Selain itu, pemisahan jalur antara mobil dengan motor juga masih belum kuat payung hukumnya. Oleh karena itu penegak hukum masih mentoleransi pemotor yang masuk ke jalur mobil.

Rancangan undang-undang ini telah disahkan oleh Bill Quirk. Ia menyebut pemisahan jalur akan mengurangi kemacetan sekaligus meningkatkan sisi keselamatan.

Perhitungan ini berdasar pada kecepatan motor yang berjalan 24 km/jam lebih tinggi dari mobil. Selain itu, kecepatan maksimum terbatas pada 80 km/jam.

UU tersebut kembali mendapat penolakan dari pemotor. Sebagian dari mereka beralasan bila pemisahan jalur sebenarnya berbahaya di kecepatan apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.