Sukses

Trik Agar Anak Tak Rewel Saat Perjalanan Mudik

Sejumlah cara dapat orangtua lakukan jika membawa anak saat perjalanan jarak jauh menggunakan mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh bersama balita atau anak-anak adalah tantangan tersendiri. Menangis, rewel, dan lain sebagainya, merupakan hal yang biasanya akan anak-anak lakukan jika bosan.

Cara agar anak tidak bosan atau rewel saat di dalam mobil pun dipikirkan para orangtua. Vicky Ho, kepala riset dan pengembangan di Focus on the Family Singapore membeberkan sejumlah cara yang mungkin bisa Anda lakukan.

Menurutnya, yang terpenting adalah soal perencanaan, misalnya menentukan tempat istirahat. "Pilih lokasi di mana anak-anak bisa main selama 30-40 menit di taman atau ruangan," ujar Ho, dikutip dari torque.com.sg, Senin (20/6/2016).

Dengan demikian, energi anak akan habis, lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan. Saat itu, beri makan Anak. Biasanya mereka akan tenang selama setengah jam atau lebih.

Cara selanjutnya adalah saat di dalam mobil. Yang terpenting adalah ada satu orang tua, entah ibu atau ayah, yang ada di kursi belakang menemani anak bermain. Dengan begitu penting juga untuk membawa mainan sebanyaknya, termasuk mainan baru.

Ho mengatakan orangtua sebaiknya mengajak anak bermain dengan barang kesukaannya. Ini bisa dilakukan sekira 15 menit.

Sementara Cornelia Dahiten, dari Conscious Parenting Singapore, mengatakan orangtua bisa menyanyikan lagu anak dengan bertepuk tangan. "Ingatlah untuk tetap membuat mereka perhatian dengan memvariasikan kegiatan bermain, misalnya dengan cara meniru suara binatang," ujar Dahiten.

Trik-trik di atas mungkin dapat Anda coba saat mudik lebaran nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini