Sukses

Ini yang Bikin Supercar Audi Makin Spesial

Ternyata, supercar Audi R8 dirakit dengan handmade, bukan dengan robot-robot canggih.

Liputan6.com, Neckarsulm - Pembuatan supercar identik dengan teknologi canggih. Bayangannya, pada mobil-mobil jenis ini, maka pabrik pembuatannya akan penuh dengan robot-robot. Tapi tidak demikian dengan supercar baru dari Audi, R8.

Audi R8 diproduksi di pabrik di Neckarsulm, Jerman. Total bangunannya seluas 23 hektar, tapi ruang untuk membuat R8 hanya sekira 30 ribu meter persegi. Di bagian ini hanya ada sedikit robot, karena Audi R8 dirakit dengan handmade.

Dilaporkan Caradvice, dalam produksi normal, 95 proses perakitan akan diambilalih robot. Sementara dalam produksi Audi R8, hanya ada tujuh robot atau setara dengan 25 persen dari proses perakitan.

Sebagian body R8 dibuat menggunakan serat karbon. Tujuannya agar mobil lebih ringan tetapi punya struktur yang kokoh. Hasilnya, berat kendaraan ini hanya 200 kg, atau 10 kg lebih ringan dibanding model sebelumnya.

Secara keseluruhan, ada 5.557 bagian yang berbeda yang dirakit oleh tangan-tangan terampil para buruh.

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil ini sekira satu minggu, termasuk pengecatan dan pengujian. Sementara proses perakitannya sendiri memakan waktu sekira tiga hari.

Waktu yang dibutuhkan per kelompok kerja menyelesaikan bagiannya rata-rata adalah 41 menit. Sebagai pembanding, pada Audi R6 yang sebagian besar menggunakan robot, waktu pengerjaannya hanya 81 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini