Sukses

Ragam Pengalaman Bikers Soal `Ranjau Darat`

Beberapa bikers menceritakan pengalamannya kepada Liputan6.com saat menginjak ranjau darat.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja pengalaman pengendara sepeda motor yang menarik untuk diceritakan. Salah satunya adalah soal `ranjau darat`, atau hal-hal yang dianggap remeh di jalan tetapi ternyata merugikan si pengendara.

Satu pengalaman diceritakan Robie. Biker asal Pasar Minggu, Jawa Barat, yang sehari-harinya mengendarai Honda Fit X lansiran 2007. Ia pernah melewati genangan air yang dikiranya tak dalam.

"Saya lagi jalan. Mau nyalip antara trotoar dan mobil, di tengah-tengahnya ada genangan air. Daripada diam di situ, saya maju melewati genangan. Saya pikir dangkal, tapi ternyata dalam. Akhirnya airnya nyiprat ke celana," ujar Robie, kepada Liputan6.com, Sabtu (16/4/2016).

Ia juga punya pengalaman lain dengan pasir. "Pernah juga mau muter di jalanan dekat lapangan bola. Memang jalannya banyak pasir. Pas mau muter, slip. Tapi karena saya jago, jadi tidak sampai jatuh," tambahnya.

Pengalaman lain diceritakan oleh Tama, pengendara motor asal Depok, Jawa Barat. Ia pernah tergelincir saat menginjak marka jalan. "Pernah waktu itu. Hampir slip saat ban menginjak marka jalan. Waktu hujan kalau tidak salah," ujar Tama.  

Selain dua pengalaman di atas, beberapa `ranjau darat` lain yang sering menipu bikers adalah oli atau genangan minyak di jalan. Saat menginjaknya, otomatis traksi atau cengkeraman ban pada aspal akan tidak maksimal.

Selain yang tidak disengaja, ada pula `ranjau` yang sengaja ditebarkan oknum-oknum tak bertanggung jawab. Beberapa bulan lalu, seorang pengendara motor asal Magelang, Jawa Tengah, menginjak jeruk yang ternyata di dalamnya terdapat paku berukuran 4 cm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini