Sukses

Kendaraan Kayuh Berjalan dengan Kaki Pengganti Roda

dua batang besi yang dirancang sedemikian rupa seperti kaki besar menggantikan roda depan.

Liputan6.com, Oregon - Inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa ketika menggarap kendaraan seringkali berbentuk unik dan kurang lazim. Salah satu kreasi unik tersebut adalah sepeda langkah ciptaan mahasiswa Oregon State University.

Dilansir Carscoops, moda transportasi ini memiliki dua roda di bagian belakang yang berfungsi sebagai kemudi. Sementara itu, dua batang besi yang dirancang sedemikian rupa seperti kaki besar menggantikan roda depan. Kaki tersebut bergerak seperti layaknya kaki laba-laba.

Setir yang terhubung ke roda belakang digunakan untuk mengarahkan laju sepeda unik ini. Adapun roda belakang bergerak secara independen dan keduanya tidak saling terhubung dengan as.

Adapun cara penggunaannya juga mudah, pengendara cukup duduk di kursi sembari mengayuh seperti sepeda biasa. Cara ini serupa dengan bermain menggunakan mobil mainan roda empat untuk anak-anak.

Lebih lanjut, kaki di bagian depan dihubungkan melalui rantai dengan pedal kayuh. Keunikan kendaaan ini terlihat saat berjalan, sepasang kaki di depan melangkah ketika pedal dikayuh layaknya menunggangi kereta kuda.

Menurut penciptanya, kendaraan ini jadi cara kreatif untuk bepergian. Sepeda langkah dikatakan bisa jadi kendaraan alternatif mobil hatchback yang biasa digunakan mahasiswa di Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini