Sukses

Harga Ban Bugatti Veyron Lebih Mahal dari Toyota Fortuner

Harga satu set ban Bugatti Veyron World Record Edition mencapai Rp 468 juta atau lebih mahal dari all new Fortuner.

Liputan6.com, London - Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse merupakan mobil idaman penggila otomotif. Siapa sangka, di balik performa ganasnya, biaya perawatan hypercar ini juga fantastis.

Dilansir Dailymail, dealer mobil mewah H.R. Owen Jack Barclay di London menjual Veyron terlangka yaitu World Record Edition yang merupakan versi tercepat sejagat. Mobil yang pernah mencapai kecepatan puncak 409 km/jam pada April 2013 ini hanya dibangun sebanyak delapan unit.

Sebagai model istimewa, sudah barang tentu mobil ini perlu perawatan khusus. Untuk sekadar mengganti ban, pemiliknya harus merogoh 24 ribu pound sterling atau sekira Rp 468,61 juta. Harga ini sedikit lebih mahal Rp 8,6 jutaan dari all new Toyota Fortuner G 2,4 AT yang dijual Rp 460 juta.

Dikatakan, hypercar Prancis ini harus ganti satu set ban tiap 9.600 kilometer dan hanya menggunakan PAX Michelin Pilot Sport yang dibuat secara khusus.

Tak cuma urusan ban, biaya perbaikan tahunan mobil juga tak kalah menguras kantong, yakni mencapai 100 ribu pound sterling atau sekira Rp 1,95 miliar. Proses perbaikannya memakan waktu 35 jam kerja, yang termasuk lima hari kerja untuk mengubah alternator.

Di samping itu, teknisi juga harus memeriksa 14 baut berbahan titanium pada sasis karbon dan sub-frame belakang. Bila perlu diganti, per bautnya dibanderol 180 pound sterling atau 2.520 pound sterling.

"Ini adalah contoh fantastis dari sebuah mobil ikonik, yang dirawat dengan cermat. Ini merupakan investasi yang bernilai bagi kolektor dan penggemar," kata Anita Krizsan, Brand Director Bugatti untuk HR Owen Jack Barclay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini