Sukses

Kenapa Rem All New Fortuner Masih Pakai Sistem Tromol?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar otomotif nasional langsung memanas di awal tahun. Dua pabrikan kompak menelurkan SUV terbarunya dengan titel `all new`. Adalah all new Pajero Sport dan all new Fortuner.

Tentu saja, kedua SUV ini mengandalkan senjata yang berbeda untuk memenangkan hati konsumen.

Untuk sistem pengereman misalnya, bila all new Pajero Sport sudah menggunakan rem cakram pada roda depan dan belakang untuk seluruh tipe. Sedangkan Toyota punya strategi lain, mereka mengandalkan rem tromol pada roda belakang.

Hirosi Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corporation, punya jawaban soal spesifikasi teknis ini. Menurut dia, rem tromol maupun cakram punya fungsi yang sama. "Rem tromol kami andalkan karena Fortuner merupakan mobil berkemampuan off-road."

"Saya rasa rem tromol sangat cocok untuk mobil 4x4 atau daerah panas," imbuh dia. Adapun all new Fortuner hadir dengan dua pilihan mesin, yakni bensin 2,7 liter dan Diesel 2,4 liter.

Untuk mesin bensin, mampu memproduksi tenaga 160,7 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 242.2 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan untuk Diesel, memuntahkan tenaga 147,5 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 400,1 Nm pada 1.600-2.000 rpm.