Sukses

Trik Mengantisipasi Kopling V-Ixion Slip

Liputan6.com, Depok - Sepeda motor yang terus-menerus digunakan tentu akan mengalami masalah-masalah tertentu. Untuk Yamaha Vixion, salah satunya adalah kopling yang slip hingga sedikit macet.

Kopling yang sudah agak rusak ini ditandai dengan tarikan motor yang semakin berat, oper gigi yang juga makin sulit, serta terciumnya bau hangus.

"Kalau kopling sudah slip, tarikan motor rasanya rada berat. Biasanya gak sampai macet, tapi bau hangus. Itu asal baunya dari plat gesek," ujar Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor di Depok, Jawa Barat.

Agar masalah ini tidak terjadi, Faisal menyarankan agar pemilik Vixion rutin mengganti plat kopling dalam 27 ribu km sekali. "Biaya penggantian plat kopling Rp 275 ribu," tambahnya.

Jika sudah terlanjur slip, maka bagian yang rusak itu harus diganti. Menurut Faisal, ada beberapa komponen yang berpotensi membuat kopling slip, selain plat kopling,  kerusakan kemungkinan juga ada pada plat gesek, serta karet kopling.

"Kalau sudah begini komponen itu harus diganti. Biayanya plat gesek per lembar Rp 10 ribu (ada empat lembar), karet kopling Rp 45 ribu, serta biaya bongkar pasang Rp 30 ribu," tutupnya.