Sukses

Orang Indonesia Ini Kelilingi 97 Negara Naik Motor

Ia tercatat telah mengelilingi 97 negara dan menjadi orang domor dua dunia yang mengendarai sepeda motor terjauh seorang diri.

Liputan6.com, Jakarta - Jeffrey Polnaja menjadi orang Indonesia pertama yang melakukan perjalanan sejauh 420 km menggunakan sepeda motor. Sejak 2006, ia tercatat telah mengelilingi 97 negara dan menjadi orang domor dua dunia yang mengendarai sepeda motor terjauh seorang diri.

Untuk menandai prestasinya ini, ia akan melakoni perjalanan bertajuk "Road to Finish 420.000 Km Jeffery Polnaja", yang diawali dari bali Bali menuju Gelora Bung Karno, Jakarta.

Melalui keterangan yang diterima Liputan6.com, Jeffrey menuju Bali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah merampungkan misi terakhir Ride for Peace (RFP) jilid dua.



Sebelum bertolak ke Ibu Kota, ia akan bertemu dengan perwakilan komunitas pengedara roda dua Bali dan akan berbagi cerita soal perjalanannya berkeliling dunia untuk mengobarkan semangat perdamaian dunia.

"Indonesia adalah negara penuh kedamaian. Indahnya hidup di Indonesia harus diketahui dunia, terutama negara-negara yang masih dirudung konflik peperangan. Berdamai itu cantik. Peperangan, sekecil apapun, hanya bisa menghancurkan sendi-sendi kemanusiaan," tutur pria 53 tahun itu.



Sementara itu, pria yang karib disapa Kang JJ ini akan menunggangi BMW R 1150 GS bernopol B 5010 JP. Dalam perjalanan sejauh 1.500 km dari Bali ke Jakarta, ia turut ditemani tujuh pengendara sepeda motor kelas adventure, termasuk puteranya Reindraprasta Polnaja yang menunggangi Triumph Tiger.

Sepanjang perjalanan, Jeffrey dijawalkan singgah di Kota Batu, Malang pada Rabu (16/9). Di sana ia akan menemui sekelompok komunitas sepeda motor sekaligus menemui putra keduanya, Rangga Erlangga Polnaja.

Nah, di acara puncak nanti yang digelar di kantor Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Gelora Bung Karno, pada 19 September 0215, Jeffrey bakal disambut oleh serangkaian kegiatan bersama ratusan pecinta roda dua. Ketua PP IMI Nanan Soekarna dijadwalkan turut ambil bagian dalam paia RFP di Jakarta.

Ride for Peace

Ride For Peace adalah perjalanan keliling dunia secara terus menerus yang dilakukan seorang diri oleh Jeffrey Polnaja. Pada 2006, Jeffrey telah menjelajahi 72 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.



Pada awal 2012 Jeffrey Polnaja kembali melanjutkan perjalanannya. Dia memulai perjalanan dari Paris, Perancis guna menjelajahi Eropa, termasuk menaklukan kawasan dingin di Siberia. Jeffrey kemudian masuk ke benua Amerika  melalui Vancouver, Kanada setelah melintasi Samudra Pasifik.

Dari Vancouver Jeffrey memulai perjalanan panjangnya di benua Amerika, ia menuju Alaska melewati jalur ‘loose gravel’ ribuan kilometer sepanjang Dalton Highway dan berhasil mencapai Deadhorse, Prudhoe Bay--sebuah jalan di utara Amerika yang sangat terkenal di dunia karena keganasan medannya.

Sejak awal 2006 hingga Juli 2015 setelah Australia, Jeffrey yang mengusung bendera Ride for Peace telah berkelana dengan sepeda motornya sejauh kurang lebih 420.000 km. Sudah 97 negara di benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika, dan Australia dijelajahinya. Rencananya, Jeffrey akan mendaratkan BMW R 1150 GS ke Tanah Air pada September 2015 usai menyelesaikan penjelajahan di Timor-Leste. 

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.