Sukses

JK: Orang Jakarta Tak Cukup Punya 1 Mobil

JK menegaskan mobil sudah menjadi kebutuhan yang mendasar seiring dengan makin tingginya mobilitas masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membukan gelaran International Indonesia Motor Show (IIMS), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Dalam pembukaan acara tersebut, JK menegaskan mobil sudah menjadi kebutuhan yang mendasar seiring dengan makin tingginya mobilitas masyarakat Indonesia.

"Mobil bukan kebutuhan dasar tapi mendasar. Saya kira di Jakarta sebagian besar satu mobil saja kurang, perlu 2-3 mobil. Butuh mobilitas tinggi saat ini hingga butuh variasi cukup," kata JK, Rabu (19/8/2015).

JK berpendapat demikian karena dalam rentang 20 tahun lalu telah terjadi perubahan. Dulu tiap mudik Lebaran, lambang kemacetan ada di stasiun kereta api. Media selalu menggambarkan betapa sesaknya pengguna kereta api, bahkan anak kecil pun masuk ke dalam kereta melalui jendela.

Kemudian, lanjut JK, sekitar dua tahun lalu terjadi perubahan pada sepeda motor. Jalur Pantura pun dipenuhi oleh para pemudik dengan menggunakan motor.

"‎Arus mudik tahun ini berubah, jadinya gambar mobil. Artinya terjadi pergeseran kemampuan, kebutuhan mobil sudah jadi kebutuhan dasar. Wajar jika industri mobil penting untuk kemajuan bangsa yang butuh mobilitas tinggi," tegas JK.

Pameran mobil harus merakyat

JK juga menyampaikan pameran yang digelar IIMS ini seharusnya tidak mengedepankan kemewahan, melain‎kan efisiensi dan harga murah yang saling bersaing.

"Pameran mobil di samping beri pilihan bagi konsumen, bukan menunjukkan mobil sebagai lifestyle tapi pilih teknologi yang baik, lebih murah, lebih efisien bagi konsumen. Pameran jadi punya manfaat. Bukan luxury, tapi efisiensi bagi kita‎," imbuh JK.

CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo menambahkan pameran ini akan dilaksanakan mulai 20-30 Agustus 2015. Acara ini juga mendatangkan penyanyi internasional, Ariana Grande. Pameran IIMS yang diikuti oleh 50 vendor mobil dan motor ini menargetkan 380 ribu peng‎unjung.

"IIMS diharapkan bisa mebawa nuansa internasional dan membawa investasi dari luar negeri ke dalam khususnya negara-negara Asean untuk buktikan Indonesia masih layak dijadikan tempat ekspansi dan investasi industri otomotif," tandas Agung.

Sekadar informasi, pembukaan pameran ini juga dihadiri oleh Ketua DPR Setya Novanto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi Yuddy Chrisnandi, Wakil Gubernur‎ DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan para dubes dari negara sehabat.

(Silvanus Alvin/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • IIMS 2015

Video Terkini