Sukses

Gunakanlah Etika Saat di Jalan

Kasus Elanto Wijoyo adalah satu dari sekian kasus bagaimana aturan lalu lintas tak dipatuhi sebagaimana mestinya.

Liputan6.com, Jakarta - HUT Kemerdekaan ke-70 jadi bahan evaluasi bagi kita semua. Salah satu aspek yang perlu dibenahi adalah bagaimana kita bisa santun ketika berada di jalan.

Kasus Elanto Wijoyo adalah satu dari sekian kasus bagaimana aturan lalu lintas tak dipatuhi sebagaimana mestinya. Di luar itu, menerabas lampu merah, berhenti di zebra cross, melawan arah, dan mengabaikan hak penjalan kaki merupakan segelintir dosa para pengendara.

"Tingkat perilaku pengguna jalan di Indonesia sangat buas dan tidak beraturan," kata Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

"Jangan memancing kemarahan orang. Gunakanlah etika," sambungnya.

Menyinggung soal banyaknya pengguna sepeda motor, baik yang berkapasitas mesin kecil maupun besar yang menggunakan lampu rotator dan sirine, Jusri menilai bahwa hal itu sebenarnya sudah terus disosialisaikan.

"Tak habis-habisnya para pemangku di setiap organisasi moge ataupun motor kecil untuk melarang strobo dan sirine. Boleh pasang tapi jangan digunakan, hanya sekadar aksesori," imbuh dia. Jusri pun tak menampik, maraknya penggunaan aksesori ini tak lepas dari lemahnya penegakkan hukum. 

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini