Sukses

Sebelum Beli Mobil, Pahami Hal Berikut

Tidak sedikit orang membeli mobil hanya karena suka desainnya. Lain dari itu tidak diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Dari kacamata konsumen, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh mobil yang ingin kita beli. Hal ini tak terlepas agar kita memahami fitur dan spesifikasi mobil dari aspek keselamatan.

"Sebelum memiliki dan menggunakan mobil, kita harus tahu tentang mobil itu," ujar Momon S. Maderoni dalam All New Triton 4WD Safety Driving Coaching Clinic di Pekanbaru. Menurut intruktur Indonesia SmartDrive, itu, pengenalan tentang kendaraan memmengaruhi tingkat keselamatan.

Lebih lanjut, ia memberikan sejumlah tips agar kita mendapakan kendaraan dengan tingkat keselamatan dengan level maksimum.

"Ketahui dulu peruntukannya (jenis kendaraan)," kata Momon di depan media dan konsumen Mitsubishi. Dari pengetahuan ini kita dapat mengatahui apa yang bisa dilakukan oleh mobil tersebut. Misal, jangan gunakan sedan di jalur non aspal yang rusak.

Kemudian, katanya, cari tahu apa saja yang dimiliki mobil tersebut. Setiap peralatan atau perlengkapan yang dimiliki menentukan kemampuan mobil. Misal ada tidaknya ABS atau fitur lainnya.

"Cara pengereman akan berbeda dengan ada tidaknya ABS," jelas pria yang sudah lima  tahun terakhir ini bekerjasama dengan Krama Yudha Tiga Berlian Motor memberikan pelatihan akan safety, khususnya mobil di medan offroad.

Tak luput, ketahui pula spesifikasi mobil. Contohnya soal ground clearance. Jelas mobil dengan celah tanah yang tinggi akan lebih mudah mengangkangi rintangan. "Ketahui batas maksimal dan minimalnya," papar Momon.

Dari spesifikasi, kita juga akan mengetahui penggunaan fasilitas standar maupun tambahan terutama berkaitan dengan keselamatan. Karena tidak semua punya peralatan keselamatan tambahan seperti ABS, airbag dan sebagainya.

Dari semua pengetahuan itu kita bisa memilih mobil yang cocok dengan keperluan kita. Dan kalau kita sudah memilikinya, penting pula hal yang satu ini, "Lakukan tes sebelum menggunakannya alias pre trip inspection," tutup Momon.

(sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini