Sukses

Posisi Duduk Anak di Mobil Tak Boleh Sembarangan, Mengapa?

Berikut adalah posisi duduk yang tepat di mobil untuk anak berdasarkan kategori usia.

Liputan6.com, Washington DC - Banyak orangtua mendudukkan anaknya yang masih kecil di kursi tengah mobil dengan alasan keselamatan.

Tetapi, apa jadinya jika orangtua memiliki lebih dari satu anak? mana anak yang harus duduk di kursi tengah? Apakah anak yang lebih tua, lebih besar, atau yang paling kecil?

Secara umum, jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung. Kursi paling aman di dalam mobil sendiri juga bergantung oleh beberapa hal, di antaranya adalah sabuk pengaman yang sesuai dengan ukuran orang yang menggunakannya.

Meskipun begitu, beberapa ahli keselamatan punya catatan tersendiri. Menurut mereka, posisi duduk yang tepat dapat ditentukan berdasarkan usia anak.

Menurut Carole Guzzetta, spesialis keselamatan berkendara dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), semua anak di bawah usia 13 tahun harus duduk di kursi paling belakang dan menggunakan sabuk pengaman yang sesuai.

"Untuk anak berusia antara 10 dan 12 tetap harus di kursi belakang, tetapi mereka membutuhkan booster seat," tambah Guzzetta sebagaimana dikutip dari Yahoo Autos, Selasa (21/7/2015).

Sementara itu, untuk anak remaja yang usianya sekira 16 tahun lebih tepat untuk duduk di kursi penumpang bagian depan. Menurut NHTSA, kursi penumpang depan sudah semakin aman dengan adanya airbag dan sabuk keselamatan yang lebih canggih.

Kemudian, Guzzetta juga mengatakan bahwa kursi tengah adalah tempat yang paling aman, asalkan dilengkapi dengan three-point shoulder seatbelt. Anak berusia berapapun cocok untuk duduk di posisi tersebut.

Tetapi, jika kursi tengah tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan tersebut, Guzzetta menganjurkan agar anak usia berapapun tidak duduk di sana.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini