Sukses

Hilangkan Suara Berdecit pada Skutik

Untuk mengatasi masalah suara berdecit pada skutik, caranya sebetulnya cukup mudah

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian yang mungkin pernah dialami oleh semua pengguna motor skutik adalah suara berdecit yang keluar dari CVT (Continuously Variable Transmission) saat mulai membuka gas. Tapi, seiring berjalan, suara itu hilang.

Decitan seperti suara tikus tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kampas kopling yang aus. Suara yang keluar saat mulai menjalankan motor terjadi karena kampas yang aus tersebut slip saat berakselarasi.

Suara tersebut bahkan bisa lebih keras karena terdapat dua lapisan di bagian rumah kopling yang berguna sebagai pendingin.

Kampas yang aus dicirikan melalui warnanya yang mengkilap dan bentuknya yang keras. Pada Yamaha Mio misalnya, kampas yang aus terlihat saat sudah tidak ada lagi lapisan rem yang mencegah timbulnya suara berdecit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, caranya sebetulnya cukup mudah. Bahkan, jika peralatan tersedia Anda bisa melakukannya sendiri. Pertama, buka CVT, baik mangkuk dan kampas koplingnya. Jika sudah dibuka, maka gosok permukaan luas kampas menggunakan sikat kawat atau amplas agar kasar.

Pada Yamaha Mio, caranya dapat juga dengan mengisi ulang lapisan lem. Gunakan lem besi dan lapisi dengan lebar sekira 0,5 cm.

Baik menggosok atau melapisinya dengan lem, keduanya bertujuan membuat kampas kopling kembali 'menggigit' agar suara berdecit hilang.

Terakhir, bersihkan juga mangkuk kopling. Sebab, penyebab lain dari bunyi berdecit adalah karena mangkuk kopling kotor. Bersihkan bagian ini dengan amplas halus tanpa ditekan. Sebentar saja, setelah itu langsung semprot menggunakan kompresor.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini