Sukses

Ragam Box Sepeda Motor untuk Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri di Indonesia identik dengan silaturahmi mengunjungi sanak saudara dan biasanya tak lengkap rasanya jika tidak melaksanakan kegiatan rutin yaitu mudik. Kegiatan ini sendiri butuh persiapan yang matang baik pada tunggangan atau pengemudi mengingat jarak yang cukup jauh dan biasanya barang bawaan yang dibawa juga cukup banyak.

Kali ini, Liputan6.com coba mengulasnya dari sisi kesiapan kendaraan untuk mudik, terutama untuk mengangkut berbagai barang kebutuhan selama mudik. Sebab, saat ini masih banyak para pemudik dengan sepeda motor menambahkan bambu atau kayu di behel belakang sebagai tempat barang tambahan.

Hal ini tentu cukup membahayakan karena mengganggu keseimbangan, selain itu juga muatan rentan terjatuh bila tidak diikat dengan kuat. Ketimbang membahayakan saat perjalanan, jika anda memiliki sedikit uang berlebih maka sebaiknya membeli box sepeda motor yang banyak tersedia di pasaran.

Box sepeda motor yang tersedia saat ini banyak sekali jenis serta kapasitasnya. Box seperti ini biasanya terdapat tulisan seperti E33, E45, E21, K42, K35, serta K53. Adapun maksud angka-angka yang ada yaitu sebagai kode yang menandakan kapasitas muatan dalam satuan liter, contohnya jika e21 maka kapasitasnya 21 liter dsb.

Jenis box sepeda motor juga bervariasi antara lain top box yang posisinya di belakang sepeda motor serta side box yang dipasang di samping kiri maupun kanan sepeda motor. Dari salah satu penggiat blog otomotif bahkan dijelaskan jika dengan sedikit kreativitas, top box pun dapat digunakan untuk side box asalkan memiliki dimensi yang ramping.

Di pasaran, harga jual box sepeda motor juga bervariasi meskipun merek dan kapasitasnya sama. Untuk box sepeda motor dengan kapasitas 33 liter dengan merek Givi dijual seharga RP 850 ribu pada dealer resmi Honda Cengkareng Motor. Adapun pada penjual online di Kaskus, box Givi berkode E330 dengan kapasitas serupa ditawarkan seharga Rp 600 ribu.

 (ysp/ian)

Loading