Sukses

Kisaran Harga 4 komponen Penting Motor Skutik

Berikut adalah harga beberapa komponen motor skutik seperti Yamaha Mio dan Honda Beat.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia motor skutik saat ini menjadi penguasa pasar roda dua. Meskipun pasar kendaraan bermotor mengalami penurunan lantaran daya beli masyarakat menurun dan kondisi perekonomian melemah, meski begitu jika dibandingkan tipe lainnya, penjualan skutik tetap menembus angka jutaan unit.

Berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), penjualan skutik di empat bulan awal 2015 mencapai angka 1.632.908 unit. Sementara tipe bebek terjual 283.670 unit, dan sport hanya 268.691 unit

Sama seperti motor lainnya, skutik pun tetap perlu perawatan agar performa tetap terjaga. Beberapa komponen yang biasanya diganti secara reguler adalah oli, sementara bagian-bagian lain diganti saat sudah rusak atau performanya menurun.

Berapa harga komponen skutik tersebut sekarang? Berikut ulasannya.

Oli

Motor skutik memerlukan oli khusus. Jika tidak diberikan pelumas yang tidak sesuai, maka skutik akan terasa berat, tenaga berkurang, atau suara mesin yang terdengar kasar. Sebaiknya, oli skutik diganti tiap 4.000 km atau sekira satu hingga dua bulan.

Harga oli khusus skutik berkisar antara Rp 30 ribu hingga ratusan ribu. Yamalube Matic berkapasitas 0,8 liter misalnya, dibanderol Rp 30 ribu, sementara oli yang harganya hingga ratusan ribu di antaranya adalah Motul Scooter Expert 4T 10W40 (Rp 200.000) dan Motul Scooter 4T 10W40 (Rp 150.000).

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Busi

Busi yang prima akan menghasilkan pengapian yang juga sempurna. Karena itu, komponen ini harus mendapat perhatian khusus dan menggantinya jika sudah rusak atau jika sudah melewati jarak lebih dari 8000 km.

Harga busi cukup murah. misalnya, busi Honda Beat dibanderol Rp 13 ribu, sementara busi Vario dibanderol Rp 22 ribu. Dengan harga semurah itu, tidak ada alasan untuk menunda-nunda mengganti busi.

Kampas rem

Kampas rem merupakan salah satu bagian yang penting sebagai komponen keselamatan berkendara. Biasanya, tanda kampas rem yang habis adalah rem semakin dalam dan semakin tidak pakem.

Untuk harga, kampas rem motor skutik dibanderol dengan harga antara Rp 30-an ribu hingga Rp 70-an ribu. Menurut laman harga-motor misalnya, kampas rem depan untuk Honda Beat seharga Rp 41 ribu, sementara kampas rem belakangnya Rp 63 ribu.

Sementara itu, kampas rem depan untuk Yamaha Mio dan Mio Soul sama-samsa dibanderol Rp 75 ribu, sedangkan kampas rem belakangnya seharga Rp 37 ribu.

Ban

Masa pakai tiap ban berbeda-beda, baik motor ataupun mobil. Usia ban tergantung pada bahan dasar yang digunakan serta rancang bangun ban itu sendiri. Jika sudah tidak layak pakai, tidak ada hal lain yang dapat dilakukan selain mengganti ban.

Harga ban skutik tergantung mereknya. Ban Michelin dengan ukuran 80/90-14 misalnya, dibanderol sekira Rp 250 ribu, sementara ban IRC NR76 ukuran 80/90-14 dibanderol lebih murah, hanya sekira Rp 110 ribu.

(rio/ian/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.