Sukses

Penting, Merawat Kabel Gas Secara Rutin pada Skutik

Merawat kabel gas motor matik harus dilakukan secara teratur agar tetap dalam kondisi prima.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat kabel gas motor matik harus dilakukan secara teratur agar tetap dalam kondisi prima. Sebab, kabel gas yang rusak dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Berbeda dengan motor bebek, mesin motor matik atau skutik langsung tersambung ke roda belakang melalui v-belt. Saat gas ditarik, roda belakang langsung bergerak. Jadi, jika kabel gas rusak, motor dapat berjalan sendiri atau bahkan tidak berjalan sama sekali.

Lantas bagaimana cara merawat kabel gas motor matik? Pertama, periksa kabel gas yang terletak di dekat grip gas. Pastikan jika kabel tersebut tidak tertekuk atau terjepit. Jika Anda menemukan kabel gas yang seperti itu, maka segeralah mengatasinya dengan cara sedikit melonggarkan klem.

Kedua, pastikan seluruh bagian kabel gas bebas dari karat. Sebab, kabel gas yang berkarat rentan putus karena kekuatannya sudah berkurang. Nah, jika kabel gas Anda sudah berkarat, maka sesegera mungkin ganti dengan yang baru.

Kemudian, jika dua cara sebelumnya bersifat memperbaiki, alangkah baiknya jika pengguna motor matik juga melakukan upaya preventif. Salah satunya adalah tidak melakukan tarikan gas secara spontan.

Sebab, bila menarik gas secara spontan terus menerus, ditambah kurangnya perawatan, sudah dipastikan akan menimbulkan masalah pada gas. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka usahakan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut agar kondisi kabel gas tidak cepat rusak.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini