Sukses

Disiapkan Begini, Cuci Mobil Jadi Hiburan Asik di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci kendaraan kesayangan, khususnya roda empat di jasa cucian mobil memang punya keuntungan sendiri. Peralatan dan fasilitas yang lengkap logikanya akan membuat kendaraan Anda tercuci bersih secara tuntas dan maksimal.

Namun, bagi Anda yang memiliki ruang dan peralatan lengkap di rumah, tentu tak ada salahnya untuk secara swadaya membersihkan kendaraan Anda sendiri tanpa perlu keluar dari kediaman.

Agar menyenangkan, ada beberapa aturan yang patut jadi perhatian kala mencuci kendaraan kesayangan. Berikut beberapa tips dan langkah yang dirangkum oleh Liputan6.com agar kendaraan Anda tercuci dengan aman dan maksimal:

1. Perhatikan Kelengkapan Peralatan

Jika Anda sering mencuci kendaraan ke jasa cucian mobil, tak ada salahnya meniru persiapan yang kerap dilakukan oleh para petugas cucian mobil tersebut. 

Perhatikan ketersedian air ataupun listrik di rumah Anda. Hal ini penting dilakukan di awal guna menjamin proses mencuci mobil dapat tuntas hingga selesai, sehingga tak ‘terhambat’ di tengah proses.

Aliran air yang ‘sembelit’ atau listrik yang ‘byar pet’ selain membuat jengkel hati, tentu juga tak baik karena tak tuntas dalam membersihkan mobil. Alih-alih bersih, kendaraan Anda bisa kena masalah lain, seperti korosi akibat sabun atau shampoo kendaraan yang tak dibilas tuntas.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengetes kelancaran air di rumah Anda dengan cara yang efektif, seperti menyiram taman terlebih dahulu.

Selain itu, jika waktu Anda sangat terbatas, tentu tak disarankan untuk mencuci mobil. Proses mencuci mobil yang terburu-buru mungkin dapat membuat kendaraan Anda tampak bersih secara ‘instan’, namun tentu tak baik sepenuhnya bagi kendaraan.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

2 dari 5 halaman

Siapkan Perlengkapan dengan Baik

2. Siapkan Perlengkapan dengan Baik

Jika semua fasilitas telah dicek, kini Anda tinggal menyatukan seluruh peralatan yang diperlukan di satu tempat. Hal ini berguna untuk menghemat waktu dan tenaga Anda nantinya. Ember, sabun atau shampoo, selang, kain lap atau plas chamois, ada baiknya dikumpulkan terlebih dahulu.

Hal ini tentu lebih efisien dibandingkan jika Anda harus bolak-balik mencari alat satu atau lainnya ketika proses mencuci telah berlangsung.

Jika mendengarkan musik atau sedikit minuman ringan membuat Anda lebih santai, tak ada salahnya Anda mencuci sambil menikmati hal-hal tersebut.

Suasana yang rileks akan membuat Anda tak diburu perasaan ingin cepat tuntas, yang tentu menggerus performa mencuci.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

3 dari 5 halaman

Pilih Tempat Teduh

3. Pilih Tempat Teduh

Anda yang memiliki kanopi atau teduh di rumah tentu punya keuntungan sendiri.

Mencuci kendaraan di tempat yang teduh dan tak langsung disinari matahari sangat bersahabat bagi lapisan cat kendaraan Anda. Di tempat teduh, suhu tak langsung bertabrakan sehingga baik bagi kendaraan.

Setelah proses mencuci selesai, tentu selanjutnya Anda bisa menjemur kendaraan Anda secara normal di bawah terik matahari untuk proses pengeringan akhir.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

4 dari 5 halaman

Urutan Mencuci yang Baik

4. Perhatikan Urutan Mencuci yang Baik

Urutan mencuci yang baik tentu berdampak besar pada banyak hal, mulai dari efektivitas cucian, tenaga, hingga penggunaan listirk dan air yang lebih irit.

Jika kala mencuci mobil, Anda ingin turut mencuci karpet bagian dalam, tentu karpet dikeluarkan sebelum Anda membilas bodi mobil.

Khusus pertama kali, semprotlah pada bagian roda dan kolong terlebih dahulu. Wilayah ini biasanya lebih banyak dihinggapi kotoran, sehingga butuh perhatian pertama.

Selanjutnya, Anda dapat menyemprot seluruh bodi mobil  mulai dari bagian atas ke bawah. Ada kalanya, karena merasa malas, bagian atap mobil yang kotor dilewatkan. Hal ini tentu tak efektif, karena nantinya Anda malah akan ‘bekerja’ dua kali.

Menyemprot atau membilas mobil dari bagian atas terlebih dahulu menghindarkan kotoran menyebar ke bagian bodi kendaraan lain.

>>> Silahkan Klik Laman Selanjutnya

5 dari 5 halaman

Gunakan Shampoo yang Cocok

5. Gunakan Shampoo yang Cocok

Tentu saja, membersihkan bagian bodi , wilayah roda, bagian bawah atau kolong kendaraan wajib dibedakan atau dengan alat yang berbeda.

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada cat atau bagian yang tentu berbeda tingkat kekuatannya. Satu atau lebih spoon tambahan wajib disertakan untuk tiap bagian berbeda tersebut.

Untuk sabun cuci atau sabun pembersih lain, gunakan shampoo khusus dengan pH (derajat keasaman) seimbang dan cocok dengan jenis cat kendaraan Anda. Shampoo khusus mobil memang diproduksi khusus untuk mobil sehingga aman bagi cat mobil.

Bilas bersih air shampoo yang melekat pada cat mobil, terutama pada bagian bodi. Proses satu ini memang membutuhkan guyuran air yang lebih banyak.

Keringkan kendaraan dengan Lap Chamois atau Micro Fiber. Gunakan lap chamois lembab atau micro fiber untuk mengeringkan body mobil yang sudah dibilas bersih.

Menggunakan kain lap biasa membuat pengeringan tidak sempurna. Selama body mobil masih basah, partikel debu sangat mudah menempel di permukaan mobil dan akan terlihat jelas saat permukaan mobil kering. (Des/Des)