Sukses

Adu Cepat Dodge Challenger Vs Jet Tempur F-16, Menang Siapa?

Aksi ini dilakukan di sebuah lapangan terbang Homestead Air Reserve Base di Florida.

Liputan6.com, Florida - Banyak cara dilakukan untuk menguji performa dari mobil-mobil super yang diproduksi pabrikan otomotif papan atas dunia.

Tak hanya saling beradu kecepatan dengan mobil-mobil di kelasnya, adu akselerasi dengan pesawat tempur super cepat pun turut dilakoni.

Kali ini, adu kecepatan giliran dilakukan antara muscle car AS, yakni Dodge Challenger Hellcat model tahun 2015 melawan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Adu kecepatan ini mengambil tempat di pangkalan Homestead Air Reserve Base wilayah Florida.

Lewat video yang dilansir dari Autoevolution, Selasa (6/1/2014) diperlihatkan aksi adu cepat yang dilakukan oleh dua kendaraan berbeda alam tersebut. Meskipun F-16 sejatinya adalah pesawat udara, mesin perang ini ditantang untuk beradu cepat melawan Dodge Challenger di darat.

Menyoal harga, jet tempur F-16 varian termurah dibanderol seharga US$ 14, 6 juta sedangkan Dodge Challenger dijual seharga US$ 60 ribu. Agar semakin menantang, aksi adu cepat ini dilakukan saat turun hujan dengan kondisi lintasan yang basah tergenang air.

Adapun Dodge Challenger Hellcat ini dibekali mesin 8 berkapasitas 6,2 liter supercharged. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 707 horse power (HP) dengan torsi sebesar 880 Nm.

Sementara itu, F-16 Fighting Falcon mengusung mesin jet F110 buatan General Electric yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal mencapai Mach 2 atau 2.120 km/jam.

Dalam aksi adu cepat ini, jet tempur F-16 harus mengakui keunggulan Dodge Challenger Hellcat di darat. Muscle car ini hanya berlari dengan kecepatan maksimum 'hanya' 162 km/jam. Sementara itu, F-16 ini terpaksa harus lepas landas setelah mencapai kecepatan maksimum 885 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini