Sukses

Hemat 'Asuransi' Kebakaran dengan Fireblock

Berbagai aneka produk menarik digelar di Hall Semi Permanent, salah satunya adalah 'pertolongan pertama' pada bahaya kebakaran, Fireblock.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang hari-hari terakhir Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, konsentrasi para pengunjung mulai bergeser dari Hall utama pabrikan kendaraan menuju Hall Semi Permanent yang banyak menawarkan ragam aksesoris dan kebutuhan kendaraan.

Di Hall yang berada pada bagian ujung area outdoor ini, turut mangkal booth Fireblock, produk pertolongan pertama andai terjadi kebakaran ataupun konsleting listrik untuk instalasi penting.

Menariknya, produk yang telah disertifikasi berbagai negara dan Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta ini akan bekerja bak bom cair yang siap meledakan cairan khusus guna memadamkan api andai terjadi konsleting atau kobaran api.

"Fireblock berisikan cairan Fluocarbon Surfactant dan air yang fungsinya memadamkan api andai terjadi kobaran api. Semacam granat air, produk ini akan otomatis meledak, namun tentu untuk memuntahkan air dan cairan khusus yang memadamkan percikan api," ujar Anindito, Marketing Executive Fireblock, yang ditemui di booth mereka pada Hall Semi Permanent B-110 & 111 di IIMS 2014.

Cara penggunaannya sendiri, produk ini dijamin cukup mudah. Tabung hanya dipasang di area yang dikehendaki dimana selanjutnya berfungsi sebagai pengamanan dengan cara meledakkan cairan pemadam andai terjadi kobaran api.

Lebih lanjut, Fireblock sendiri saat ini tersedia dalam dua varian, tabung plastik mini yang berisi cairan satu liter dengan tabung plastik besar yang berisikan cairan 4 liter dengan masa pakai 6 tahun bebas perawatan.

Kedua jenis produk ini memiliki luas efektif area pemadaman sendiri. Untuk tabung kapasitas 1 liter, luas pemandaman yang efektif sendiri berkisar 2 meter, sedangkan untuk tabung besar berkapasitas 4 liter, luas pemadaman efektif untuk area 7 meter.

"Biasanya produk ini dipasang di tempat dimana terdapat rangkaian listrik yang riskan terhadap bahaya terbakar dan kobaran api, seperti instalasi jaringan listrik, generator dan lain-lain yang ada di bangunan atau rumah," lanjut Anindito.

Seputar harga, Fireblock sendiri dibanderol di kisaran terendah di atas Rp 1 juta. Produk Ini juga dikatakan segera hadir untuk kendaraan roda empat. (Silahkan Klik Halaman Selanjutnya di Bawah Ini)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Tersedia Untuk Kendaraan Roda Empat

Selain untuk bangunan atau rumah, produk ini dikatakan segera menyapa pemilik kendaraan pribadi, dimana bahannya berbentuk kaleng kecil dengan material yang disesuaikan di dalam kap mesin kendaraan.

Fungsinya pun dijanjikan sama dengan dua varian fireblock lain yang saat ini telah tersedia di pasaran, yaitu memadamkan kobaran api andai tersulut di bawah kap mesin mobil.  

"Di IIMS 2014, kami baru dalam tahap mensosialisaikan produk baru ini, namun rencananya produk ini baru dilepas di tahun depan," tutup Anindito.

Lepas dari pameran IIMS 2014, turut dikatakan bahwa produk-produk Fireblock dapat ditemukan oleh konsumen di depo dan supermarket bangunan yang tersebar di ibu kota. (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.