Sukses

Lika-liku Honda Jazz Raih Predikat Keamanan

Sempat menduduki posisi bawah, Honda kemudian merombak struktur bodi Jazz yang dinilai buruk pada generasi kedua.

Liputan6.com, Tokyo - Honda baru saja memperkenalkan generasi teranyar dari hatchback andalan mereka, Jazz. Mengusung desain yang lebih tegas, setelah serangkaian perombakan desain, Jazz pun akhirnya sukses menduduki posisi atas dalam hal tingkat keamanan kendaraan.

Pada model teranyarnya, Honda benar-benar merombak struktur bodi pasca Jazz generasi kedua. Hal ini disebabkan setelah pengujian oleh Insurance Institute for Highway Safety, Honda Jazz menduduki posisi bawah perihal keamanan saat terjadi kecelakaan.

Menurut catatan IIHS, pada Jazz model sebelumnya dikatakan lebih banyak energi yang diserap pada posisi pengemudi saat terjadi kecelakaan. Atas dasar ini Honda pun mengubah struktur kabin secara signifikan, demikian dilansir dari Leftlanenews, Jumat (22/8/2014).

Pada model teranyarnya, Honda Jazz pun tak langsung bernasib mulus. Hatchback ini sempat gagal pada uji hantam setelah bumper hatchback tersebut gagal meredam. Namun, Honda segera merombak ulang bumper dengan model dudukan baru untuk meningkatkan kekuatannya.

Desain anyar bumper tersebut kini mampu mengurangi tekanan ke dalam kabin dan membuat peringkat keamanan Jazz pun terdongkrak dengan predikat "dapat diterima".

"Kami memuji respon Honda yang cepat untuk memodifikasi rancangan bumper pada saat awal produksi," ujar Presiden IIHS, Adrian Lund.

Produksi Jazz dengan desain bumper teranyar sendiri telah dimulai sejak bulan Juni lalu. Bagi para konsumen yang telah memiliki generasi anyar Jazz sebelum bulan tersebut, pihak Honda berjanji untuk mendesain ulang dudukan bumper Jazz tersebut secara cuma-cuma sebagai bagian dari update produk. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini