Sukses

Kandangkan Koleksinya, Komedian Pilih Hanggar Pesawat

Memiliki koleksi kendaraan hingga ratusan, garasi rumah pun dirasa Jay Leno tak lagi memadai. Hanggar pesawat pun dipilih oleh komedian ini.

Liputan6.com, Los Angeles - Sukses mengocok perut publik Amerika Serikat (AS) selama 20 tahun, Jay Leno pun berkocek tebal. Menyalurkan hobinya, sang komedian mengoleksi hingga ratusan kendaraan, mulai berbentuk unik hingga klasik. 

Setelah belum lama ini membeli sebuah mobil hibrida karya McLaren, P1, kini Jay Lenno pun turut mengandangkannya bersama koleksi roda empat lainnya di sebuah hanggar.

Bukan rahasia, Host "Tonight Show" ini memang salah seorang penikmat otomotif tulen. Saking banyaknya, di dalam sebuah hanggar di bandara Burbank, Los Angeles itu, pelawak kelahiran 28 April 1950 ini mengoleksi hingga 150 kendaraan.


(Jay Leno melewati deretan koleksi mobilnya dalam hanggar pesawat)

Sehari-hari, sebagian koleksinya masih kerap ia digunakan untuk aktivitas, sementara koleksi spesialnya 'teronggok' di dalam hanggar dan hanya sesekali dikeluarkan untuk kepentingan khusus.


(Jay Leno dengan Tatra T87 tahun 1983)

Kala membeli mobil, Jay Leno pun dikenal tak sembarangan. Sebelum masuk dalam hanggar pribadinya, mobil-mobil yang dibeli harus dikondisikan seperti barang baru, lengkap dengan surat-surat dan tentunya, bisa dikendarai di jalanan.


(Jay menghidupakn mesin sepeda motor Ace lansiran tahun 1924 Ace)

Dari sekian banyak mobil, ada beberapa koleksinya yang bisa dibilang paling wah dan punya sejarah tinggi. Diantaranya adalah Lamborghini Miura S lansiran 1969, yang didapuk sebagai mobil bertampang cantik hasil karya rumah desain asal Italia, Bertone.


(Dodge Challenger R/T 1970)

Ada juga sebuah McLaren F1 berkelir hitam yang dibeli 20 tahun yang lalu, dan masih tampak mulus bak mobil baru. Mazda Cosmo lansiran tahun 1970, Dodge Challenger R/T 1970, dan LCC Rocket juga ikut memperkaya koleksi.


(Doble Steam Car 1925)

Di deretan mobil-mobil tua, Jay Lenon turut memiliki Bentley Speed 6 lansiran tahun 1928, juara balapan bergengsi lomba ketahanan 24 jam, Le Mans pada tahun 1929 dan 1930. Tak cukup di situ, ia juga memiliki sebuah Double Steam Car tahun 1925 yang ditopang dengan mesin uap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.