Sukses

Honda Tarik Sedan Accord di Indonesia pada Agustus?

Kemungkinan masalah ditemukan pada sedan Accord 2003. Diperkirakan terdapat 940 unit mobil yang terdampak.

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang penarikan (recall) dari peredaran akibat masalah airbag Takata ternyata berdampak pada mobil Honda yang beredar di dalam negeri.

PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mengkaji lebih jauh soal permasalahan tersebut yang kemungkinan berdampak pada sedan Accord.

"Kami sudah ada informasi dari Honda Motor Corporation mengenai masalah ini. Namun sejauh ini mereka masih menyelidiknya ke seluruh dunia," kata Marketing and Aftersales Service Director HPM Jonfis Fandy kepada Liputan6.com, Rabu (2/7/2014).

"Saat ini mereka (Honda Motor Corporation) masih menyelidiki ke sejumlah pasar seperti Amerika Serikat (AS) serta Jepang. Kalau part airbag yang bermasalah sama seperti yang dipakai di Indonesia mereka akan memberitahukan," jelas dia.

Menurut Jonfis, kalau benar-benar ditemukan adanya masalah dengan mobil yang beredar di Indonesia, HPM kemungkinan akan melakukan recall pada Agustus atau September.

"Kemungkinan besar masalah itu (aibag Takata) juga berdampak ke negara di Asia Pasifik," ujarnya.

Namun, sejauh ini HPM belum memperoleh informasi lebih lanjut soal perintah recall. Meskipun jika diminta untuk melakukan pergantian komponen, pabrikan akan sigap untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Kalau Indonesia terkena dampak, akan ada pengumuman, pemanggilan dan perbaikan secara gratis," imbuh dia.

Diwartakan sebelumnya, HPM mengatakan kemungkinan masalah ditemukan pada sedan Accord 2003. Diperkirakan terdapat 940 unit mobil yang terdampak. (Gst/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini