Sukses

Pawai Pakai Bendera di Atas Mobil Bikin Boros Bensin!

Hambatan tambahan yang dihasilkan oleh bendera dapat mengurai efisiensi bahan bakar hingga 3 persen dalam satu jam perjalanan.

Liputan6.com, London - Merayakan kemenangan tim favorit biasanya dilakukan dengan melakukan konvoi dengan menaruh beberapa atribut seperti bendera di atas mobil. Laporan terbaru menyebutkan kalau pawai bendera pakai mobil dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mesin, kok bisa?

Sebagaimana ditulis oleh BBC, Senin (30/6/2014), rata-rata konsumsi mobil yang menaruh dua bendera akan menghabiskan bensin lebih banyak per jamnya. Menurut peneliti dari Manchester Universtity, Dr Antonio Filippone, hal itu terjadi dengan laju rata-rata mobil 112 km per jam.

Apabila 500 ribu pengendara melakukan aksi yang sama, lanjut Filippone, maka mereka akan memproduksi sebanyak 2,8 m per kg CO2. Dia menjelaskan kalau menempeli mobil dengan bendera akan menghambat laju udara pada saat mobil berjalan.

"Apa hubungan penempelan bendera pada konsumsi bahan bakar pada kendaraan? Hambatan tambahan yang dihasilkan oleh bendera dapat mengurai efisiensi bahan bakar hingga 3 persen dalam satu jam perjalanan," jelas Filippone.

"Ini mungkin tidak terlalu signifikan dalam jumlah kecil, tapi jika dilakukan setengah juta mobil, ini akan ada 1,22 juta liter bahan bakar ekstra yang dibakar selama Piala Dunia," imbuh dia. (Gst/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini