Sukses

Kantuk Saat Mengemudi, Kenali Ciri-cirinya!

Kurangnya istirahat menimbulkan masalah baru ketika berada di jalan, terutama bagi mereka yang harus mengemudi.

Liputan6.com, Jakarta - Mengemudi dalam kondisi mengantuk menjadi salah satu penyebab terjadi kecelakaan. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada pertengahan tahun lalu mengungkap, 71 kasus kecelakaan yang terjadi di Ibu Kota disebabkan pengemudi yang mengantuk.

Mengetahui ciri-ciri mengantuk menjadi cara yang dirasa pas untuk menjaga kewaspadaan dan kehati-hatian selama berkendara.

Terlebih lagi, digelarnya Piala Dunia 2014 pada 12 Juni hingga 13 Juli, yang bersamaan dengan bulan puasa membuat banyak orang rela begadang untuk menyaksikan tim kesayangan.

Kurangnya istirahat menimbulkan masalah baru ketika berada di jalan, terutama bagi mereka yang harus mengemudi untuk beraktivitas ke tempat kerja.

Melalui keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (30/6/2014), berikut beberapa kondisi yang mengindikasikan Anda atau pengemudi sedang dalam kondisi mengantuk:

1. Bola mata berwarna merah.
2. Kelopak mata sering berkedip atau terasa berat
3. Melamun, sulit fokus
4. Menguap berulang kali atau menggosok/mengucek mata
5. Merasa gelisah dan mudah tersinggung
6. Pada jalan yang lurus arah mobil tidak lurus kadang ke salah satu sisi
7. Sering lupa atau terlewat ketika harus berbelok

Nah, apabila Anda telah mengalami ciri-ciri tersebut, baiknya jangan paksakan untuk membawa kendaraan. Kalau tidak, berhentilah di tempat yang aman dan beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk. (Gst/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini