Sukses

Honda Tarik 1.038 Jazz Karena Masalah Sistem Penggerak

Dampak dari cacat produksi dari komponen penggerak ini dapat mengakibatkan mobil tiba-tiba hilang kendali.

Liputan6.com, California - Tak ada gading yang tak retak, mungkin itu adalah peribahasa tepat yang dapat menggambarkan Honda saat ini. Pabrikan kendaraan yang dikenal memproduksi mobil dengan performa mumpuni namun irit bahan bakar ini menemukan masalah pada hatchback andalannya yaitu Honda Fit.

Melansir laman Torquenews, yang dikutip Sabtu (14/6/2014), sejumlah 1.038 Honda Fit keluaran tahun 2013 yang diimpor ke kawasan Amerika ditarik karena terdapat masalah pada sistem penggeraknya. Pabrikan tersebut menemukan kegagalan pada poros penggerak sebelah kanan pada hatchback yang juga dikenal sebagai Honda Jazz tersebut.

Untungnya hingga kini belum ada laporan kecelakaan yang disebabkan karena masalah komponen tersebut. Pihak Honda di negeri Paman Sam tidak mau mengambil resiko dengan bergerak cepat untuk menggumumkan kepada pemilik Fit keluaran 2013 agar memeriksa status mobil mereka pada web yang disediakan oleh Honda apakah terkena recall atau tidak.

Dampak dari cacat produksi dari komponen penggerak ini dapat mengakibatkan mobil tiba-tiba hilang kendali dan menyebabkan kecelakaan. Ironisnya, Honda sempat meraih penghargaan karena menembus rekor keamanan tertinggi di kawasan Amerika Utara untuk kendaraan yang mereka produksi.

Recall yang dilakukan oleh Honda ini tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah Honda Fit yang telah mereka jual di seluruh dunia sejak 2007 yang mencapai lebih dari empat juta unit. Recall ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dari Honda yang ingin menjaga kualitas yang dimiliki oleh Fit tetap yang terbaik.

Konsumen mobil di negeri Paman Sam cukup mengidolai Honda Fit sebagai kendaraan sehari-hari mereka karena menawarkan kualitas terbaik dan irit bahan bakar namun dengan harga yang relatif terjangkau. (Ysp/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.