Sukses

Toyota Amerika Rayakan Produksi Ke-10 Juta Unit

Camry hybrid produksi ke 10 juta dari pabrik Toyota akan diberikan secara cuma-cuma kepada salah seorang karyawan yang beruntung.

Liputan6.com, Kentucky - Toyota Motor Amerika pekan lalu telah memproduksi kendaraan untuk pasar Amerika Utara sebanyak 10 juta unit. Untuk merayakan kesuksesan tersebut, petinggi Toyota di Kentucky mengadakan perayaan bersama dengan seluruh pekerja.

Melansir laman Leftlanenews, Senin (2/6/2014), produksi ke 10 juta dari Toyota Amerika adalah sebuah Toyota Camry Hybrid berwarna putih. Sedan mid-size ini diparkir bersebelahan dengan sebuah Toyota Camry putih buatan tahun 1988 yang merupakan kendaraan pertama yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Kentucky (TMMK).

Camry produksi pertama tersebut disimpan dengan baik di penyimpanan khusus dari TMMK. Sementara itu, Camry hybrid produksi ke 10 juta dari pabrik tersebut akan diberikan secara cuma-cuma kepada salah seorang karyawan dari TMMK yang saat ini berjumlah 7.000 orang.

Pemberian Camry kepada karyawan ini akan dilakukan secara acak pada seorang karyawan TMMK yang beruntung.

Pada tahun 1988, Toyota menginvestasikan dana sebesar US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 69,42 triliun (estimasi kurs Rp 11.767 per dolar AS) untuk membuka manufaktur yang terletak di Georgetown, Kentucky, dan merekrut 3.000 orang karyawan.

Pabrik Toyota di negeri paman Sam ini memproduksi sebagian besar lini produksi kendaraan Toyota di AS seperti keluarga Camry, Avalon, Venza, serta Sienna dan Solara yang kini sudah tidak lagi diproduksi.

Saat ini pabrik Toyota di Kentucky memiliki kapasitas produksi kendaraan hingga setengah juta unit dan 600 ribu mesin. Mulai 2015 mendatang, sedan mewah Lexus ES350 juga diproduksi di pabrik ini.

Dengan diproduksinya Lexus ES350 di pabrik TMMK akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik tersebut sebesar 50 ribu kendaraan menjadi 550 ribu unit dan menyerap 750 orang tenaga kerja tambahan. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.