Sukses

Abaikan Pakai Ponsel Selama Lebih dari Setahun, Perempuan Ini Merasa Lega

Ia melakukan sesuatu yang membuat dirinya sendiri pun merasa shock: ia membuang smartphonenya selama satu setengah tahun.

Liputan6.com, Jakarta Anastasia Dedyukhina menghabiskan banyak waktu dengan smartphone saat masih bekerja di bidang pemasaran digital; sampai-sampai ia tidak yakin apakah ia sedang menjual produk atau ia adalah produknya sendiri.

Namun, ia melakukan sesuatu yang membuat dirinya sendiri pun merasa shock. Dia membuang smartphone selama satu setengah tahun.

“Saya tidak pernah menyangka akan melakukannya untuk waktu yang lama. Saya hanya berencana melakukannya selama beberapa minggu, tapi saya benar-benar menyukai ini” katanya sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Senin (27/4/2024).

Namun, transisi itu tidak mudah. “Saya butuh waktu sekitar empat atau lima bulan untuk berkomitmen pada keputusan itu,” kata Dedyukhina.

Ia membeli sebuah “ponsel tekan” yang tidak memiliki layar sentuh dan tidak memiliki fungsi untuk aplikasi dan media sosial.

Namun, bahkan setelah beralih, Dedyukhina “tetap beralih kartu SIM antara ponsel pintar dan ponsel pintar.”

Untuk meninggalkan smartphone dengan sepenuhnya, ia menghadiahkan smartphone tersebut kepada ibunya. “Kemudian semuanya menjadi sangat mudah,” katanya.

Inilah pengalaman Dedyukhina selama satu setengah tahun tanpa smartphone.

'Saya merasa lebih mengikuti arus, dan saya memiliki lebih banyak energi mental'

Dedyukhina dengan cepat belajar bahwa tidak memiliki smartphone membutuhkan lebih banyak perencanaan. Ketika bertemu dengan teman dan keluarga, dia harus mengingatkan mereka bahwa cara terbaik untuk menghubunginya adalah melalui teks, bukan melalui messenger di platform media sosial atau email.

Untuk pergi dari titik A ke titik B juga membutuhkan lebih banyak usaha daripada sebelumnya. Untungnya, Dedyukhina tinggal di London pada saat itu, yang “sebenarnya memiliki peta yang terpampang di mana-mana.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Samping Tidak Terduga yang Dirasakan Dedyukhina

Efek samping yang tidak terduga dari tidak memiliki ponsel cerdas adalah bahwa Dedyukhina “mulai berbicara lebih banyak dengan orang-orang di jalanan.” Ia menjadi lebih sadar akan orang-orang yang ia temui saat bepergian, dan memperhatikan berbagai hal, seperti emosi mereka dan pakaian bagus yang mereka kenakan.

“Saya merasa lebih mengikuti arus, dan saya pikir saya memiliki lebih banyak energi mental,” katanya. “Saya akhirnya membangun bisnis [dan] menulis buku karena saya tidak harus merasa khawatir “apakah saya sudah kurus?”.”

Dedyukhina meninggalkan pekerjaannya di bidang pemasaran digital dan memulai Consciously Digital, di mana ia bekerja sebagai ahli kesejahteraan digital. Selama waktu tanpa smartphonenya, ia menulis sebuah buku tentang bagaimana mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan teknologi.

“Apa saya akan melakukannya lagi,” kata Dedyukhina tentang meninggalkan ponselnya, “Mungkin, tapi akan dilakukan lebih wajar”

“Kadang-kadang [saya] memang membutuhkannya, mungkin untuk beberapa hari,” katanya. “Menukar smartphone anda dengan ponsel biasa selama dua atau tiga hari akan sangat melegakan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini