Sukses

Pandawara Group, Kreator TikTok yang Sukses Menginspirasi Masyarakat untuk Peduli Lingkungan

Sebagai platform yang menjadi sarana bagi kreativitas dan kebahagiaan, TikTok telah menjadi tempat bagi para kreator untuk menyuarakan berbagai isu penting, termasuk kelestarian lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai platform yang menjadi sarana bagi kreativitas dan kebahagiaan, TikTok telah menjadi tempat bagi para kreator untuk menyuarakan berbagai isu penting, termasuk kelestarian lingkungan.

Di tengah gemerlapnya konten-konten hiburan di TikTok, ada sebuah kelompok kreator yang mencuri perhatian dengan misi yang lebih besar yaitu melestarikan lingkungan.

Salah satu kelompok kreator yang aktif dalam mempromosikan kesadaran lingkungan di TikTok adalah Pandawara Group

Dikenal dengan nama Pandawara Group, kelompok ini terdiri dari lima pemuda pemerhati lingkungan asal Bandung, Jawa Barat, yang memiliki visi untuk menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Pandawara Group terbentuk dari kepedulian mendalam akan kondisi lingkungan di sekitar mereka.

Ikhsan Destian, Gilang Rahma, Muhammad Rifqi, Rafly Pasya, dan Agung Permana, lima pemuda yang berawal dari grup teman SMA inilah yang pada suatu hari memutuskan untuk menggunakan platform TikTok sebagai sarana untuk menyuarakan isu lingkungan.

Seiring bertambahnya vidio yang diunggah sejak video pertamanya diunggah pada bulan Agustus 2022 lalu melalui akun TikToknya, kini Pandawa Group telah memiliki 8,4 juta follower di TikTok.

Dengan akun @pandawaragroup, mereka mulai membagikan konten-konten kreatif tentang berbagai cara untuk merawat lingkungan, mulai dari pembersihan sampah hingga penghijauan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Pandawara Tidaklah Mudah

Rafli Pasya selaku anggota dari Pandawa Group mengatakan bahwa perjalanan Pandawara tidaklah mudah. Di tengah persaingan konten yang ketat, mereka harus berjuang keras untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

"yang jelas pada awalnya susah, karena orang berfikir konten kita hanyalah konten yang dibuat untuk sekedar meminta perhatian pemerintah atau perhatian pulblik. Padahal bukan itu fokus awal kita" Ucap Rafli pada Media Interview TikTok Pada Jumat (19/04/2024)

Namun, kegigihan dan konsistensi mereka akhirnya membuahkan hasil. Konten-konten inspiratif mereka mulai menarik perhatian netizen, dan Pandawara Group pun mulai mendapatkan pengikut setia yang peduli terhadap lingkungan.

Keberhasilan mereka tidak hanya terbatas di dalam negeri. Pandawara Group juga berhasil menginspirasi kelompok-kelompok serupa di negara-negara ASEAN lainnya.

Melalui kampanye "Creator Contribution", mereka berkolaborasi dengan kreator dari Vietnam dan Malaysia untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan lingkungan, seperti forum diskusi dan aksi bersih-bersih.

Puncak dari perjalanan mereka datang pada malam penganugerahan TikTok Awards Indonesia 2023. Pandawara Group berhasil membawa pulang tiga penghargaan utama, yakni "Rising Star of the Year", "Creator of the Year", dan "Changemakers of the Year".

Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan dampak positif yang telah mereka ciptakan dalam komunitas TikTok dan masyarakat luas.

 

3 dari 3 halaman

Apresiasi dari Kedutaan Denmark untuk Pandawara

Pandawara Group tidak hanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat online, tetapi juga diundang oleh Kedutaan Denmark untuk mempelajari tentang circular economy dan waste management di negara tersebut baru-baru ini.

Undangan tersebut datang langsung dari Kedutaan Denmark di Indonesia melalui kolaborasi antara Pemerintah Denmark dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Melalui perjalanan mereka, Pandawara Group membuktikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan dapat menjadi kekuatan besar yang mampu menginspirasi dan mempengaruhi banyak orang.

Dengan terus menyebarkan pesan tentang pentingnya menjaga bumi kita, mereka berharap dapat menciptakan perubahan positif yang lebih besar lagi di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.