Sukses

Ini Perubahan Kecil Dilakukan Orang Sukses

Berikut adalah 11 perubahan kecil dalam hidup yang dipraktikkan oleh orang-orang yang sangat sukses setiap hari:

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering membanggakan anak-anak berbakat di sekolah, atlet alami dalam olahraga, dan anak yang ajaib dalam musik. Namun, Anda tidak perlu menjadi anak luar biasa untuk mencapai kesuksesan.

Sebagai seorang psikolog organisasi, Adam Grant telah menghabiskan sebagian besar kariernya untuk mempelajari kekuatan-kekuatan yang mendorong kemajuan. 

Adam menemukan bahwa proses pembelajaran belum selesai ketika seseorang memperoleh pengetahuan. Proses ini baru selesai ketika kita secara konsisten menerapkan pengetahuan tersebut.

Berikut adalah 11 perubahan kecil dalam hidup yang dipraktikkan oleh orang-orang yang sangat sukses setiap hari:

1. Mereka mencari ketidaknyamanan.

Alih-alih hanya berusaha untuk belajar, mereka juga untuk merasa tidak nyaman. Mengejar ketidaknyamanan akan membuat Anda berada di jalur yang lebih cepat menuju pertumbuhan. Jika Anda ingin melakukannya dengan benar, Anda harus merasa salah terlebih dahulu.

2. Mereka menetapkan batasan kesalahan.

Untuk mendorong trial and error, tetapkan tujuan untuk jumlah minimum kesalahan yang ingin Anda lakukan per hari atau per minggu. Ketika Anda memperkirakan akan tersandung, Anda akan merenungkannya dan lebih banyak memperbaiki diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mereka meminta saran, bukan feedback.

Umpan balik bersifat melihat ke belakang. Umpan balik membuat orang mengkritik atau mendukung Anda. Saran bersifat melihat ke depan dan saran mengarahkan orang untuk melatih Anda.

Anda bisa menanyakan kepada para rekan kerja Anda dengan mengajukan pertanyaan sederhana: "Apa satu hal yang bisa saya lakukan dengan lebih baik di lain waktu?"

4. Mereka mencari tahu sumber mana yang dapat dipercaya.

Tentukan informasi apa yang layak untuk diserap dan mana yang harus disaring. Dengarkan pelatih yang memiliki keahlian yang relevan (kredibilitas), mengenal Anda dengan baik (keakraban), dan menginginkan yang terbaik untuk Anda (kepedulian).

5. Mereka berjuang untuk keunggulan, bukan kesempurnaan.

Kemajuan datang dari mempertahankan standar yang tinggi, bukan menghilangkan setiap kekurangan. Identifikasi beberapa kekurangan yang dapat Anda terima. Pertimbangkan di mana Anda benar-benar membutuhkan yang terbaik dan di mana Anda bisa merasa cukup baik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini