Sukses

Momentum Sumpah Pemuda, Saatnya Anak Muda Bersatu dan Berkarya

Dalam rangka mendorong lebih banyak entrepreneur di Indonesia dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya, Diplomat Success Challenge (DSC) berkembang menjadi ekosistem dan movement kewirausahaan bagi para calon entrepreneur.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat Sumpah Pemuda menjadi motivasi generasi muda untuk memiliki sikap, semangat dan perilaku kewirausahaan yang dilandasi oleh kemampuan berkreasi dan berinovasi.

Kemerdekaan dan hak bersuara menjadi satu dari sekian kemudahan yang didapatkan bagi warga Indonesia untuk menggali potensi diri dan kekayaan tanah air. Untuk itu, penting bagi pemuda Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurut Founder & Business Development Director PT Sari Kreasi Boga Tbk, Nilamsari, selain harus mampu bersaing dengan brand asing, entrepreneur dapat mendorong peningkatan perekonomian Indonesia dengan memanfaatkan bonus demografi untuk menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jangan membiarkan brand asing mendominasi, kita harus memanfaatkan bonus demografi dan meningkatkan perekonomian Indonesia melalui UMKM hingga ke ranah internasional,” ujarnya pada acara Talkshow dan Media Gathering “Pemuda Indonesia Berani Berwirausaha” yang merupakan rangkaian acara dari Diplomat Success Challenge Season 14 di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Disisi lain, seorang entrepreneur saat ini juga dihadapkan dengan beragam tantangan di era informasi yang begitu cepat dan penuh dinamika. Menyaring informasi, memilah pembelajaran, dan memilih hal-hal yang relevan dengan realitas pemuda menjadi tugas yang tak ringan.

“Namun, di tengah semua kompleksitas ini, membangun inisiatif bisnis sebagai entrepreneur adalah langkah yang mampu memberikan dampak positif pada masyarakat luas,” ujar Co-Founder Plepah, Rengkuh Banyu dalam kesempatan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Luas

Terlebih lagi, menurut Rengkuh, bila bisnis yang digagas memiliki orientasi pada Sustainable Development Goals (SDGs) seperti menghadapi perubahan iklim, meningkatkan dampak ekonomi di berbagai lapisan masyarakat, atau memberikan dukungan kepada mereka dengan kebutuhan khusus, menjadi sesuatu yang patut diapresiasi.

Hal ini menjadi peranan khusus pemuda dalam membangun bisnis, yang tidak hanya memberikan keuntungan pribadi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, bahkan pada isu-isu yang secara langsung di rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Senada dengan Nilam dan Rengkuh, Chief Operating Officer NAMA Beauty, M. Jupaka juga mendorong para pemuda untuk memulai perjalanan berwirausaha. Era digital membuka peluang yang luas bagi pemuda dan pemudi Indonesia untuk berkarya, bukan hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk bangsa.

“Disruptifnya pasar saat ini menjadi tantangan, dan momen Sumpah Pemuda menjadi momentum yang pas bagi generasi muda untuk bersuara,” tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Ekosistem Kewirausahaan

Dalam rangka mendorong lebih banyak entrepreneur di Indonesia dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya, Diplomat Success Challenge (DSC) berkembang menjadi ekosistem dan movement kewirausahaan bagi para calon entrepreneur.

DSC Season 14 memberikan kesempatan pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya lebih jauh dengan menghibahkan dana sebesar Rp 2,5 miliar, lebih besar dari sebelumnya. Manifesto DSC Season 14, yang menekankan Karakter Bangsa, Governance, Environment, Social dan Culture, sejalan dengan DNA DSC yang terdiri dari 3P: Paham, Piawai, dan Persona.

Dari 29.780 proposal, melalui 2.500 vlog pitch, akhirnya terpilih 450 challengers yang dinilai memiliki nilai/DNA paham, piawai, dan persona serta kesesuaian dengan manifesto DSC Season 14. Challengers kemudian melangkah ke tahap National Selection sebagai langkah konkret dalam mengelola bisnis yang sejalan dengan karakter bangsa.

 

4 dari 4 halaman

Ekosistem Bisnis Berkelanjutan

Namun, DSC lebih dari sekadar kompetisi, melainkan menciptakan sistem dukungan bagi para pengusaha dan seluruh elemen di dalamnya. Salah satu inisiatifnya adalah melalui Diplomat Entrepreneur Network (DEN), yang menjadi bagian dari ekosistem bisnis berkelanjutan yang dibangun.

Dengan semangat Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia didorong untuk bersuara, berwirausaha, dan membangun masa depan yang lebih baik. Melalui DSC Season 14 dan Diplomat Entrepreneur Network dipercaya akan memberikan dampak positif dan menjadikan Indonesia lebih gemilang di dunia dan menjadi pemenang sejati di negeri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.