Sukses

PHI dan Pertamina Foundation Bantu Warga Sekitar Wilayah Operasi Mengenyam Pendidikan Lebih Tinggi

Beasiswa untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA dan sederajat di wilayah operasi Perusahaan di Kalimantan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada strata 1 atau sarjana.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bersama afiliasinya, yakni PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), berkolaborasi dengan Pertamina Foundation (PF) dalam meluncurkan Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan.

Kolaborasi ini ditandai dengan pendatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara PHI, PHM, PHKT, PHSS dan PF yang dilaksanakan di Graha Pertamina, Senin (31/7/2023).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, dalam sambutannya di gelaran Penandatanganan Kerja Sama ini mengungkapkan bahwa Perusahaan menghadapi tiga tantangan besar untuk meraih kemandirian energi yang berkelanjutan, yaitu pengembangan teknologi, kecukupan pendanaan, dan kesiapan SDM, dan mengajak seluruh pihak untuk terus mendorong kolaborasi dengan multi stakeholder untuk mencapai tujuan Net Zero Emission (NZE).

Senior Manager Relation PHI Farah Dewi, menjelaskan bahwa Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan ini merupakan program baru yang diluncurkan oleh PHI untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA dan sederajat di wilayah operasi Perusahaan di Kalimantan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada strata 1 atau sarjana.

“Program beasiswa Sobat Bumi Kalimantan ini selaras dengan langkah untuk mendukung pencapaian tujuan pengembangan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yakni tujuan 4 yakni pendidikan berkualitas, serta wujud implementasi misi perusahaan untuk memiliki program CSR yang memberikan dampak luas utamanya di Wilayah Kerja (WK) Perusahaan,” tambahnya.

Menurut Dewi, sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting dalam mencapai keberhasilan operasi dan bisnis perusahaan, juga pengembangan kemandirian masyarakat.

“Program beasiswa Sobat Bumi Kalimantan ini akan diprioritaskan kepada siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera, dimana mereka akan mendapat kesempatan untuk pengembangan kapasitas dan karakter, serta nantinya dapat partisipasi aktif pada kegiatan ekonomi, sosial, dan lingkungan di wilayah operasi Perusahaan,” tutup Dewi.

Selain dalam program beasiswa ini, kolaborasi antara PHI dan Pertamina Foundation dilaksanakan dalam program penanaman mangrove untuk mendukung pencapaian Net Zero Emission (NZE) serta implementasi visi perusahaan untuk menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia.

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di Regional 3 Kalimantan.

Tahun 2022 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 57,8 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 668,3 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan untuk mendukung #EnergiKalimantanUntukIndonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini