Sukses

Penelitian Ungkap Cara Genetik Membuat Orang Rentan Terhadap Alergi

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, alergi merugikan negara lebih dari USD 18 miliar per tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pemahaman ilmiah terkait alasan beberapa orang lebih rentan terhadap alergi dibandingkan yang lain diperkuat oleh penelitian baru. Peneliti Fakultas Kedokteran Perelman Universitas Pennsylvania menemukan bahwa variasi genetik yang mengubah protein tertentu yang disebut ETS1 dapat memengaruhi cara tubuh bereaksi terhadap alergen.

Mereka menemukan bahwa pada model hewan, bahkan perubahan kecil pada ETS1 dapat meningkatkan kemungkinan reaksi alergi yang mengakibatkan peradangan.

Melansir Hindustan Times, Minggu (16/7/2023), menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, alergi merugikan negara lebih dari USD 18 miliar per tahun di AS. Masih belum diketahui bagaimana DNA dapat mengubah peluang terkena alergi, terlepas dari kenyataan bahwa penelitian sebelumnya telah membuktikan dasar genetik yang kuat untuk alergi dan menemukan perbedaan urutan genetik spesifik yang menjadi predisposisi penyakit kronis ini. Akan tetapi, menyadari hal ini dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik dan bahkan obat-obatan baru.

Dengan menggunakan teknik genomik dan pencitraan modern, tim kolaboratif peneliti yang dipimpin bersama oleh Penn's Golnaz Vahedi seorang profesor Genetika dan Jorge Henao-Mejia, seorang profesor Patologi dan Kedokteran Laboratorium, menemukan bahwa protein ETS1 berperan dalam mengendalikan jenis sel kekebalan yang disebut sel pembantu T CD4, yang penting dalam reaksi alergi dan membantu mengatur respons kekebalan dengan mengaktifkan dan mengoordinasikan sel kekebalan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan

Interaksi DNA dalam segmen genom yang mencakup gen ETS1 mengontrol seberapa banyak protein ETS1 dibuat. "Kami menemukan bahwa interaksi ini bekerja seperti saklar redup," kata Vahedi. "Ketika ada perubahan pada DNA di area ini, hal itu dapat mengacaukan tombol peredup, menyebabkan masalah dalam mengontrol protein ETS1. Ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sel kekebalan kita dan menyebabkan radang alergi."

Meskipun ada kemajuan dalam memahami sifat-sifat genetik yang mengikuti pola yang dapat diprediksi, seperti yang diturunkan dari orang tua, lebih sulit untuk memahami kondisi yang melibatkan banyak gen berbeda dan umum dalam populasi. Kondisi kompleks ini tidak dapat dijelaskan hanya dengan "mematikan" satu gen.

Sebaliknya, mereka mungkin disebabkan oleh perubahan kecil pada DNA yang memengaruhi cara kerja gen. Namun, para peneliti masih belum tahu banyak tentang cara perubahan DNA ini berhubungan dengan bagaimana gen kita diatur atau bagaimana pengaruhnya terhadap bagaimana gen diekspresikan pada sebagian besar penyakit kompleks.

“Pekerjaan ini menunjukkan bagaimana perbedaan kecil dalam DNA kita dapat mengganggu keseimbangan antara sel-sel kekebalan kita, menghasilkan karakteristik yang dapat diamati secara signifikan pada pasien. Fenomena ini dapat terjadi pada penyakit umum lainnya seperti gangguan autoimun,” jelas Henao-Mejia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini