Sukses

Penelitian: Kelebihan Berat Badan Tidak Terkait Dengan Kematian Dini

Namun, keterbatasan penelitian membuat sulit untuk menentukan apakah temuan tersebut disebabkan oleh BMI atau faktor lain, menurut para ahli yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kelebihan berat badan seperti yang didefinisikan oleh skala peringkat indeks massa tubuh tidak terkait dengan peningkatan kematian jika dipertimbangkan secara terpisah dari masalah kesehatan lainnya.

Juga dikenal sebagai BMI, perhitungan mengukur lemak tubuh seseorang berdasarkan tinggi dan berat badan. Seperti yang saat ini digunakan, skala BMI membagi populasi orang dewasa menjadi berbagai tingkat lemak tubuh.

Seorang dewasa dianggap "kelebihan berat badan" jika BMI mereka turun antara 25 dan 29,9, sedangkan berat "sehat" atau "normal" didefinisikan sebagai BMI antara 18,5 dan 24,9, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. BMI 30 atau lebih dianggap obesitas.

“Pesan sebenarnya dari penelitian ini adalah kelebihan berat badan seperti yang didefinisikan oleh BMI adalah indikator risiko kematian yang buruk, dan bahwa BMI secara umum adalah indikator risiko kesehatan yang buruk dan harus dilengkapi dengan informasi seperti lingkar pinggang, ukuran adipositas lainnya. lemak, dan lintasan berat badan,” kata penulis pertama studi Aayush Visaria seperti melansir CNN, Kamis (6/7/2023).

Namun, keterbatasan penelitian membuat sulit untuk menentukan apakah temuan tersebut disebabkan oleh BMI atau faktor lain, menurut para ahli yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut.

“Penggunaan kata 'kelebihan berat badan' di sini menyesatkan, karena mengecualikan seseorang dengan BMI di atas 30. Dalam bahasa awam 'kelebihan berat badan' biasanya diartikan sebagai seseorang dengan berat badan di atas 'normal' dan termasuk pasien obesitas,” kata dosen statistik medis di University College London Baptiste Leurent dalam sebuah pernyataan.

“Makalah ini menemukan hubungan tegas antara BMI dan kematian, sebelum dan sesudah penyesuaian faktor risiko,” kata Leurent yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Selain itu, studi observasional hanya dapat menunjukkan hubungan, bukan penyebab, kata Robert H. Shmerling, editor fakultas senior untuk Harvard Health Publishing, anak perusahaan dari Harvard Medical School di Boston.

"Mereka melihat tingkat kematian, tetapi ada hasil lain yang juga penting yang tidak mereka lihat, seperti kualitas hidup atau perkembangan komorbiditas baru seperti kasus baru diabetes atau penyakit jantung," kata Shmerling yang tidak terlibat dalam penelitian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kematian vs Penyakit

Dalam studi baru, yang diterbitkan Rabu di jurnal PLOS ONE, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan pada lebih dari 554.000 orang Amerika yang tidak hamil yang berusia lebih dari 20 tahun dari Survei Wawancara Kesehatan Nasional 1999-2018 dan Indeks Kematian Nasional AS 2019.

Visaria dan rekan penulisnya, Soko Setoguchi, seorang profesor kedokteran dan epidemiologi di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School dan Rutgers School of Public Health, kemudian membandingkan tingkat BMI dengan kematian yang terjadi selama 20 tahun ke depan.

Risiko kematian memang meningkat sebesar 18 persen hingga 108 persen bagi kebanyakan orang dengan tingkat BMI lebih tinggi dari 27,5, kata Visaria, dengan risiko meningkat karena berat badan meningkat dalam kurva berbentuk U.

Ada satu pengecualian, orang dewasa yang lebih tua dari usia 65 tahun. Tidak ada peningkatan kematian yang signifikan untuk orang dewasa yang lebih tua dengan BMI antara 22,5 dan 34,9 — kisaran yang mencakup mereka yang memiliki berat badan normal, kelebihan berat badan, dan obesitas.

“Makalah ini tidak menambahkan sesuatu yang baru,” kata seorang profesor kesehatan jantung dan metabolisme di University of Glasgow di Skotlandia Naveed Sattar yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

"Kita tahu bahwa BMI sering menampilkan kurva berbentuk U dengan kematian, tetapi ini disebabkan banyak orang (terutama yang lebih tua) di ujung bawah kisaran BMI mengalami penurunan berat badan yang tidak disengaja karena sakit," kata Sattar dalam sebuah pernyataan.

Penurunan berat badan sering berjalan seiring dengan perkembangan demensia, kanker, dan hilangnya nafsu makan pada populasi yang lebih tua. Penelitian sebelumnya telah menemukan kehilangan sedikitnya 5% dari massa tubuh meningkatkan risiko kematian dini di antara orang dewasa 65 dan lebih tua, terutama untuk laki-laki.

 

 

3 dari 4 halaman

Ada Risiko Lain

Kelebihan berat badan mungkin tidak menyebabkan kematian dini, tetapi dapat menambah risiko penyakit kronis, kata para ahli.

Temuan paling signifikan, kata Visaria, adalah untuk orang-orang berusia antara 20 dan 65 tahun yang BMI-nya antara 24,5 dan 27,5 – ujung bawah dari skala kelebihan berat badan. Tidak ada peningkatan signifikan dalam risiko kematian.

Namun, risiko penyakit di masa depan "mungkin merupakan ukuran kesehatan yang lebih penting daripada semua penyebab kematian," kata profesor emeritus nutrisi dan diet di King's College London Tom Sanders yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Bahaya utama kelebihan berat badan (BMI 25 - 29,9) dan obesitas sedang (BMI 30-35) adalah risiko tiga kali lebih besar terkena diabetes yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular, gagal ginjal, dan kebutaan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Meskipun penelitian tersebut mengontrol merokok dan berbagai penyakit lain yang terkait dengan kematian dini, informasi tersebut hanya dikumpulkan satu kali untuk setiap orang dalam survei. Oleh karena itu, penelitian tersebut tidak dapat mengikuti orang tersebut untuk melihat apakah dia kemudian mengembangkan kondisi seperti hipertensi atau diabetes yang dapat menyebabkan kematian – keterbatasan penelitian, kata Visaria kepada CNN melalui email.

"Mereka juga tidak melihat penyebab kematiannya - mungkin karena kecelakaan mobil atau sesuatu yang tidak berhubungan dengan kesehatan," kata mantan kepala klinis divisi reumatologi di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston Shmerling.

"Selain itu, jika Anda melihat gambaran besar temuan, mereka memang menemukan peningkatan kematian dengan obesitas - jadi bukan seolah-olah mereka menyangkal kegunaan BMI untuk semua tujuan," katanya.

Mungkin juga, kata Shmerling, bahwa orang-orang dalam kategori kelebihan berat badan lebih sering mengunjungi dokter, melakukan perubahan gaya hidup — seperti meningkatkan olahraga atau menerapkan pola makan yang lebih sehat — dan mendapatkan perawatan medis agar mereka tidak terkena diabetes, penyakit jantung, atau penyakit penyerta lainnya.

“Kematian akibat obesitas mungkin disebabkan oleh perkembangan morbiditas seperti penyakit jantung, tetapi obesitas juga merupakan penyakit tersendiri yang kita tahu dapat meningkatkan risiko kematian secara mandiri,” kata Visaria. “Masalahnya adalah bagaimana kita mendiagnosis obesitas yang mungkin tidak mewakili risikonya.”

4 dari 4 halaman

Lingkar Pinggang Adalah Ukuran Utama

Selain BMI, Visaria mengatakan penelitian tersebut juga melihat data yang mengukur lingkar pinggang, atau bagian perut yang paling tebal. Hasilnya menunjukkan penggunaan lingkar pinggang “secara signifikan mengubah hubungan antara BMI dan semua penyebab kematian,” katanya.

“Orang dengan lingkar pinggang tinggi memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan dengan lingkar pinggang normal dalam kelompok BMI yang sama,” kata Visaria dalam email. “Dalam kisaran BMI kelebihan berat badan (25-29,9), risiko kematian 17-27 persen lebih tinggi di antara orang dengan lingkar pinggang tinggi dibandingkan dengan lingkar pinggang rendah.”

Jenis lemak dalam yang mengelilingi organ tubuh, sering disebut lemak perut atau visceral, telah dikaitkan dengan risiko 39 persen lebih tinggi untuk demensia pada wanita yang lebih tua dan penyakit jantung, kelemahan dan kematian dini pada kedua jenis kelamin.

Mengukur lingkar pinggang harus dipasangkan dengan timbangan sebagai bagian dari penilaian kesehatan apa pun, menurut pedoman yang diterbitkan pada April 2021 oleh American Heart Association. Obesitas perut, sebagaimana diketahui, didefinisikan sebagai lingkar pinggang 40 inci (102 sentimeter) atau lebih untuk pria, dan 35 inci (88 sentimeter) atau lebih untuk wanita.

American Medical Association juga baru-baru ini mengadopsi pedoman baru yang meminta dokter untuk menggunakan lebih dari BMI saat mengevaluasi kesehatan individu.

"BMI didasarkan terutama pada data yang dikumpulkan dari populasi kulit putih non-Hispanik generasi sebelumnya," tulis AMA. Meskipun "secara signifikan berkorelasi dengan jumlah massa lemak pada populasi umum, (itu) kehilangan prediktabilitas bila diterapkan pada tingkat individu."

Penggunaan BMI sebagai ukuran potensi risiko kesehatan mungkin tidak hilang dari praktik klinis karena memang memiliki tempat dalam pemeriksaan menyeluruh – tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya ukuran, kata Visaria.

Namun, setiap diskusi tentang bagaimana massa lemak diukur tidak mengubah apa yang diketahui sains tentang dampak kelebihan berat badan pada tubuh, kata para ahli.

“Kami tahu dari bukti lain bahwa semakin tinggi berat badan kita, semakin besar risiko berkembangnya berbagai kondisi,” kata Sattar dari University of Glasgow.

Kondisi ini pada gilirannya mempengaruhi kualitas hidup masyarakat dan kebahagiaan mereka, kata Sattar dalam sebuah pernyataan.

“Metrik 'kualitas hidup' inilah yang perlu lebih kita fokuskan, dan, jika mungkin, coba tingkatkan dengan intervensi yang relevan di berbagai tahap kehidupan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.