Sukses

Kelola Energi dengan Baik, Biaya Utilitas Lippo Mall Puri Turun Rp 9,08 Miliar dan Sun Plaza Berkurang Rp 8,49 Miliar

Penerapan sistem dan tindakan hemat energi telah menghasilkan penghematan energi sebesar 21 persen di Lippo Mall Puri dan 24 persen di Sun Plaza.

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berkomitmen menghemat energi dan air di aset properti yang dikelola. Salah satunya di properti pusat perbelanjaan yang membutuhkan daya listrik dan air dalam jumlah besar, seperti Lippo Mall Puri, Jakarta dan Sun Plaza, Medan.

Group CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, penerapan sistem dan tindakan hemat energi telah menghasilkan penghematan energi sebesar 21 persen di Lippo Mall Puri dan 24 persen di Sun Plaza.

Sementara itu, penggunaan keran hemat air dan sistem penampungan air hujan telah menghasilkan penghematan air sebesar 31 persen di Lippo Mall Puri dan 35 persen di Sun Plaza. 

"Inisiatif-inisiatif ini menghasilkan penghematan biaya utilitas sebesar Rp 9,08 miliar dan Rp 8,49 miliar per tahun untuk Lippo Mall Puri dan Sun Plaza," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/4/2023).

Sebagai pengembang dan operator mal terbesar di Indonesia, LPKR berkomitmen untuk melakukan langkah signifikan dalam meningkatkan efisiensi sumber daya dengan menerapkan desain yang berkelanjutan dan praktik-praktik terbaik di bidang lingkungan hidup dalam setiap kegiatan operasional.  

Saat ini, LPKR mengoperasikan pusat perbelanjaan melalui Lippo Malls Indonesia (LMI) yang mengelola 59 mal yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Indonesia bagian Timur seperti Makassar, Manado, Bali, dan Kupang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sertifikasi Green Building EDGE

Seperti diketahui, pada Februari 2022, Lippo Karawaci juga mengumumkan bahwa Lippo Mall Puri dan Sun Plaza, dua mal yang dimiliki oleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIR Trust), memperoleh sertifikasi green building EDGE.

EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) adalah standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi global yang dikembangkan oleh International Finance Corporation (IFC), anggota Grup Bank Dunia.

Sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang menunjukkan efisiensi sumber daya minimal 20 persen dalam hal energi, air, dan energi yang terkandung dalam material dibandingkan dengan bangunan konvensional. Di Indonesia, sertifikasi EDGE dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI).

Sertifikasi bangunan hijau ini pertama kali diterima oleh portofolio ritel Lippo Karawaci yang merupakan pemegang saham dengan kepemilikan 47,0 persen di LMIR Trust.

Lippo Mall Puri sendiri terletak di kawasan St. Moritz Jakarta, sebuah kawasan terpadu di Jakarta Barat, dan Sun Plaza terletak di Medan, Sumatera Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini