Sukses

Sulit Buang Air Besar? 4 Buah Ini Bisa Membantu Memperlancar

Seperti yang diketahui, kesehatan usus berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit selama bulan-bulan musim panas sering terjadi karena tubuh kehilangan air akibat suhu tinggi. Karena itu, buah-buahan dan sayuran berperan dalam memperlancar tinja dan memudahkan buang air besar (BAB).

Seperti yang diketahui, kesehatan usus berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak heran jika masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan keasaman dapat memengaruhi kesehatan mental. Alhasil dapat menyebabkan gangguan mood, energi rendah di siang hari, di antara sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Sementara itu, sembelit didiagnosis ketika seseorang tidak buang air besar atau tinja yang sangat keras selama tiga hari atau lebih. Kembung, sakit perut, kram bisa menjadi gejala sembelit kronis lainnya. Pola makan menjadi penyebab utama sembelit. Mengonsumsi makanan yang digoreng atau rendah serat, minum sangat sedikit air sepanjang hari, dan stres tinggi itu merupakan faktor penyebab sembelit.

Nah, mengonsumsi makanan yang seimbang dapat membantu seseorang mengatasi masalah usus ini secara efektif. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian semuanya memiliki serat larut dan tidak larut dalam jumlah tinggi dan membantu melunakkan tinja dan membuatnya besar, yang memudahkan pengeluarannya.

Dehidrasi lebih sering terjadi di musim panas karena panas tanpa ampun, berkeringat dan lebih banyak kebutuhan air untuk menjaga tubuh tetap dingin. Ketika tidak ada cukup air dalam sistem kita, seseorang cenderung mengalami sembelit. Ada berbagai macam buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi selain serat yang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan usus kita.

"Di antara buah-buahan musim panas yang paling umum, kami menyarankan mangga, beri, anggur, semangka, pepaya, apel, pisang, jeruk manis, dan muskmelon. Keuntungan terbesar buah adalah kenyataan bahwa kandungan airnya tinggi, banyak di antaranya adalah serat dan juga membantu mengurangi mengidam gula. Semua ini adalah poin penting dalam meredakan sembelit dan meningkatkan efek prebiotik di usus,” kata Ahli Gizi Anupama Menon seperti melansir Hindustan Times, Kamis (16/3/2023).

Adapun penyebab sembelit lainnya yaitu mengonsumsi makanan tinggi gula dan berkalori tinggi secara teratur. Mengidam makanan manis setelah makan siang mungkin menggoda Anda untuk menikmati makanan penutup penuh dosa yang Anda coba hindari sepanjang hari.

"Ketika kita dilanda keinginan akan gula terutama di malam hari ketika stres mungkin melelahkan kita, tidak ada yang bisa menghentikan seseorang untuk menjangkau cokelat/makanan penutup yang berdosa dan kemudian bertanya-tanya apa yang menimpa kita setelah gula yang ekstrim itu. Efek gula tidak besar di usus dan mungkin salah satu penyebab utama sembelit," jelas Menon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah yang Memperlancar Sembelit

Ahli gizi mengatakan bahwa mengonsumsi buah-buahan adalah cara yang luar biasa untuk menjauhkan keinginan akan gula, tetapi juga mendukung kesehatan usus Anda.

Lebih lanjutnya, berikut ini beberapa buah yang dapat membantu meredakan sembelit.

1. Apel

Sebuah apel sehari dapat menjauhkan masalah usus. Apel mengandung pektin yang merupakan serat larut yang dikenal dapat meredakan sembelit. Ingatlah untuk mengonsumsi apel dengan kulitnya. Karena itu, begitu menguntungkan jika Anda memilih apel organik.

2. Jeruk

Juicy dan jeruk manis adalah cara luar biasa untuk mencegah sembelit. Jeruk memberikan kandungan serat yang baik bersama dengan vitamin C yang sangat dibutuhkan yang memberi kita dosis antioksidan yang banyak.

3. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah musim panas yang jika dimakan sebagai camilan malam dapat membantu buang air besar secara teratur.

4. Kismis hitam dan plum

Jangan lupa bahwa buah-buahan kering, seperti kismis hitam dan plum, ketika direndam dalam air dan dimakan setiap pagi juga dapat membantu pergerakan usus yang hebat.

Peretasan sembelit

1 buah pisang kecil ditambah 4-5 kismis hitam yang direndam, 5 kali/minggu, ½ jam sebelum tidur akan berkontribusi pada buang air besar yang baik dan gerakan teratur sepanjang tahun.

"Usus yang hebat sama dengan pikiran yang hebat! Jangan berhenti untuk memastikan usus Anda memiliki kesehatan yang baik setiap hari," tutup Menon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini