Sukses

Begini Cara Double Cleansing yang Benar Agar Kulit Terhindar Jerawat, Jangan Salah!

Nah, langkah pertama itu menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak, seperti sebum, tabir surya, dan polutan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat yaitu melakukan pembersihan ganda atau dikenal double cleansing. Namun, tips ini perlu diterapkan dengan benar agar hasilnya maksimal.

Wanita Korea menggunakan metode pembersihan ganda ini untuk menjaga kulit tetap bersih. Cara double cleansing ini dengan mencuci wajah sebanyak dua kali. Pertama dengan pembersih berbahan dasar minyak dan kemudian dengan pembersih berbahan dasar air.

Nah, langkah pertama itu menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak, seperti sebum, tabir surya, dan polutan. Sedangkan langkah kedua berguna untuk menghilangkan kotoran berbahan dasar air, seperti keringat dan kotoran.

Manfaat Double Cleansing

Salah satu manfaat double cleansing ini yaitu untuk mencegah sebum dan bakteri sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat. Sebab, munculnya jerawat kerap disebabkan oleh penumpukan sebum yang menyebabkan infeksi.

Pembersih berbahan dasar minyak sangat baik untuk menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak, residu, kosmetik, dan yang terpenting, sebum, yang diproduksi berlebihan pada penderita jerawat.

Sementara pembersihan ganda menjadi jaring pengaman untuk mencegah jerawat terkait sebum, terutama jika Anda memakai banyak riasan atau rentan terhadap minyak.

Di samping itu, berikut ini beberapa manfaat jika Anda melakukan double cleansing atau pembersihan ganda seperti melansir Lifestyle Asia, Selasa (14/3/2023).

1. Meningkatkan kemanjuran produk perawatan kulit lainnya

Pembersihan ganda, terutama di malam hari, dapat membantu penetrasi produk Anda yang lain. Hasilnya pori-pori Anda bersih dan siap menyerap serum dan pelembab.

2. Bermanfaat untuk kulit kering

Menurut para ahli, rutinitas pembersihan ganda bisa bermanfaat bagi kulit. Untuk melawan sensitivitas atau overdrying, dua langkah lembut akan bekerja lebih baik daripada satu formula kuat. Langkah pembersihan riasan tanpa pengelupasan, yang dapat meninggalkan sedikit kelembapan, sangat bermanfaat untuk kulit kering.

3. Membersihkan tanpa mengupas kulit

Membersihkan kulit secara mendalam sering kali mengeringkannya karena menghilangkan minyak alami kulit. Dengan pembersihan ganda, Anda secara efektif membersihkan dan menutrisi kulit secara bersamaan.

4. Kulit bercahaya

Pembersihan ganda secara teratur juga membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit. Produk akan bekerja lebih baik tanpa lapisan tambahan sehingga menghasilkan kulit yang bercahaya dan bercahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara dan Waktu yang Tepat

Cara Double Cleansing

Langkah pertama dalam pembersihan ganda adalah mengoleskan minyak pembersih atau air misel ke kulit. Oleskan ke kulit kering untuk menghilangkan riasan, racun, polusi, tabir surya , dan sebum.

Pijat pembersih ke wajah Anda selama satu menit sebelum dibilas dengan air hangat—hal ini membantu meminimalkan iritasi dan pengeringan kulit, yang sangat penting jika Anda menderita rosacea.

Setelah membersihkan minyak pembersih, gunakan pembersih kedua Anda yang seharusnya berbahan dasar air. Kemudian bilas lagi seperti biasa. Langkah ini membersihkan lebih menyeluruh dan memberikan jenis 'pembersihan' yang diasosiasikan orang dengan cuci muka tradisional.

Selain itu, juga menghilangkan residu dari pembersih berbahan dasar minyak pada langkah sebelumnya dan memastikan bahwa semua kotoran telah dihilangkan. Bilas dengan air hangat setelah satu menit mencuci.

Waktu Double Cleansing

Meskipun Anda menginginkan wajah yang bersih, double cleansing bukanlah cara terbaik bagi setiap orang untuk mencapainya. Jika memiliki kulit berminyak dan/atau memakai riasan setiap hari, Anda mungkin berpikir bahwa pembersihan ganda setiap malam sudah cukup.

Jika kulit tidak terlalu berminyak atau hanya memakai riasan sesekali, pembersihan ganda setiap hari mungkin tidak diperlukan. Pembersih yang lembut saja sudah cukup, menurut para ahli.

Sementara itu, bila memiliki rosacea, eksim, atau kulit yang sangat sensitif, Anda harus menghindari pembersihan ganda sepenuhnya. Pembersihan ganda harus dihindari setiap hari untuk kulit kering karena sangat mengelupas kulit.

Untuk alasan yang sama, apapun jenis kulit Anda, pembersihan ganda harus selalu diikuti dengan pelembab yang tepat untuk segera mengembalikan hidrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.