Sukses

Tips Menggunakan Tomat buat Rutinitas Perawatan Kulit Wajah Biar Sehat Ternutrisi

Dalam perawatan kulit, bahan-bahan alami menjadi cara terbaik untuk merawat kulit. Salah satunya tomat yang mengandung nutrisi, antioksidan, dan vitamin C yang bagus untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Tomat menjadi buah serbaguna yang tidak hanya melengkapi masakan, tapi juga bisa buat perawatan kulit. Karena kaya nutrisi, antioksidan, dan vitamin C, tomat bisa Anda masukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Lantas, apa saja manfaat toman untuk kulit?

Dalam perawatan kulit, bahan-bahan alami menjadi cara terbaik untuk merawat kulit. Salah satunya tomat yang mengandung nutrisi, antioksidan, dan vitamin C yang bagus untuk kulit.

Pembangkit nutrisi satu ini dapat membantu menghilangkan penyamakan, pigmentasi, noda, jerawat, dan banyak lagi masalah kulit lainnya. Selain itu, juga dianggap mampu menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kenyal, lembut, sehat, dan cerah.

Jadi, jika ingin memiliki kulit yang bercahaya dan wajah yang sehat berseri, Anda harus memasukkan tomat ke dalam rutinitas perawatan kulit. Arthi Raguram sebagai Pakar Kulit dan Rambut dan Pendiri Deyga Organics berbagi beberapa tips dan trik efektif untuk memasukkan tomat ke dalam rutinitas perawatan kulit yang bisa Anda coba.

Melansir Hindustan Times, Kamis (2/3/2023), berikut ini tips menggunakan tomat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.

1. Irisan tomat untuk mencerahkan kulit

Tomat menjadi zat pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan penyamakan serta pigmentasi. Anda bisa memotong dua irisan tomat dan menggosokkannya dengan gerakan melingkar pada kulit selama 10-15 menit. Diamkan selama 5 menit lagi dan bersihkan dengan air dingin. Ini dapat dilakukan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit malam hari Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Masker bubur tomat

Untuk pemilik kulit berminyak, menggunakan masker bubur tomat adalah cara terbaik untuk mengurangi sifat berminyak. Selain itu, juga membantu mencegah jerawat dan pori-pori tersumbat. Bahkan sifat asam tomat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menjaga kulit bebas dari kotoran dan polusi.

Gunakan satu pasta tomat dengan satu sendok teh gel lidah buaya sebagai masker dan diamkan selama 20 menit. Masker ini bisa digunakan sekali atau dua kali seminggu. Jika Anda menggunakannya di siang hari, pastikan untuk melanjutkannya dengan tabir surya.

3. Eksfoliasi dengan tomat

Pengelupasan merupakan bagian integral dari rutinitas perawatan kulit. Dalam hal ini, tomat bisa menjadi tambahan yang bagus eksfoliasi. Tomat penuh dengan enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit menjadi keras.

Potong seiris tomat dan taburkan sedikit gula di atasnya dan gosok irisan itu dengan lembut ke seluruh wajah. Anda juga bisa menggunakan oat dan bubur tomat sebagai eksfoliator ringan untuk kulit.

4. Pelembab instan

Jika ingin memberi kulit Anda dorongan hidrasi instan dan terlihat segar dan cerah, tomat sangat cocok untuk itu. Peras satu buah tomat dan campurkan dua kapsul vitamin E dengannya. Oleskan campuran ini dan biarkan di kulit Anda selama 25-30 menit. Bilas dengan air dingin dan kulit Anda akan segar dan ternutrisi. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh susu mentah dingin jika memiliki kulit kering.

Tomat tentu sangat bermanfaat bagi kulit. Mulai dari mencampurkannya sebagai masker wajah hingga eksfoliator, tomat bisa dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit dengan cukup mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.